spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemprov Kaltara Gelar Bimtek Satlinmas


TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemrpov) Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Bulungan Tahun 2023.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si., membuka bimtek dengan tema “Wujudkan Satlinmas Siaga Bencana dan Siap Sukseskan Semilu Tahun 2024”.

Sebanyak 32 peserta dari unsur satlinmas Kabupaten Bulungan menghadiri Bimtek tersebut. Turut hadir narasumber dari Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara, IPDA Sayid Taha, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara, Suryanata Al Islami, S.HI., M.H., dan dari Kementerian Dalam Negeri, Marta Dwi Rifka, S.IP., dilaksanakan selama 2 hari.

Datu Iqro mengungkapkan, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dan gangguan yang diakibatkan oleh bencana.

Hal ini tertuang pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat.

“Satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) berada di kelurahan dan kantor desa yang dibentuk oleh lurah atau kepala desa untuk melindungi masyarakat,” kata Datu Iqro.

BACA JUGA :  Pemprov Lepas 48 Kontingen JUMBARA

Datu Iqro berharap Satlinmas dapat membantu keamanan bersama pemangku kepentingan dalam menghadapi situasi yang terus berkembang hingga sekarang. Misalnya melindungi masyarakat dari gangguan kejahatan.

Selain itu, Satlinmas juga memiliki peran penting dalam menyukseskan pesta demokrasi yang akan digelar pada tahun depan secara serentak.

Suksesnya pesta demokrasi tersebut, kata Datu Iqro meliputi ketentraman yang terus terjaga dan memelihara ketertiban masyarakat. Kemudian, menjaga keamanan TPS barang-barang kebutuhan Pemilu serta membantu aparat penyelenggara dalam mengamankan dan menentukan pelaksanaan pemilu.

“Saya mengingatkan kepada kepala Satpol PP provinsi maupun kabupaten/kota sebagai perangkat daerah yang melakukan pembinaan agar benar-benar memperhatikan eksistensi keberadaan Satlinmas di Kalimantan Utara juga termasuk pembentukan dan pemetaan Satlinmas di tingkat desa kelurahan kecamatan kabupaten kota dan provinsi,” tuturnya.

Datu Iqro juga berharap kegiatan ini menghasilkan output yang jelas, terukur dan membumi, dalam suasana damai, tertib dan tentram. Pasalnya diperlukan masyarakat dan pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dalam mewujudkan visinya yaitu Berubah, Maju dan Sejahtera. (dkisp)

BACA JUGA :  Gubernur Harapkan Cabor Sepak Bola Kaltara Lolos PON Aceh Sumut
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img