spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkot Balikpapan Bakal Lanjutkan Program Seragam Gratis di Tahun 2024

BALIKPAPAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan berencana akan melanjutkan program bantuan seragam gratis pada tahun 2024 ini. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Disdikbud Kota Balikpapan, Irvan Taufik.

“Itu komitmen kami dari Pemerintah Kota Balikpapan untuk pendidikan di Kota Balikpapan,” ujarnya, Jumat (5/1/2023).

Lebih lanjut Irfan menjelaskan, program seragam sekolah gratis itu bukan program pertama dari Pemkot Balikpapan. Pada tahun 2023 lalu, Pemkot Balikpapan juga mendistribusikan seragam sekolah gratis untuk 13.000 siswa tingkat SD, 12.500 siswa SMP, dan 10.060 siswa pendidikan kesetaraan.

“Untuk tahun ajaran 2024/2025 itu sedikit mengalami peningkatan 10 persen untuk distribusi,” jelasnya.

Irfan menyebutkan, ada 3 setel seragam yang akan di bagikan, yaitu seragam batik, pramuka, dan merah putih untuk SD ataupun biru putih untuk tingkat SMP, dengan total anggaran secara keseluruhan mencapai Rp30 miliar. Dan hingga kini, Disdikbud Kota Balikpapan juga telah melakukan pendataan kepada murid yang akan menerima seragam tersebut.

“Sehingga pembagian seragam bisa lebih cepat, terutama saat mereka masuk sekolah ajaran baru seragam itu sudah bisa digunakan,” tambahnya.

Pemkot Balikpapan memprioritaskan bidang pendidikan menyusul kesiapan Kota Minyak sebagai mitra, sekaligus pintu gerbang utama Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Pembagian seragam sekolah gratis merupakan langkah awal memupuk semangat generasi bangsa di Kota Balikpapan,” tegas Irfan Taufik.

Selain pembagian seragam sekolah gratis, Pemkot Balikpapan juga tengah membangun sejumlah fasilitas pendidikan, seperti pembangunan SMPN 25 yang terletak di sisi barat Kota Balikpapan.

“Pembangunan yang tengah berproses adalah sekolah terpadu di Balikpapan Regency, Balikpapan Selatan yang kini pembangunan telah mencapai lebih dari 80 persen. Pada 2024, Pemkot Balikpapan juga berupaya memenuhi adanya sekolah negeri tingkat menengah pertama di Kecamatan Balikpapan Tengah,” tutupnya.

Penulis: Aprianto

Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img