spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Komitmen Laksankan Proklim di 15 Kelurahan/Desa

PPU – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) meluncurkan Program Kampung Iklim (Proklim) di 15 kelurahan/desa se-PPU, Jumat (2/2/2024). Merupakan program milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) PPU dalam pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Pelaksanaan launching progam tersebut dilaksanakan bersamaan dengan program Bank Sampah, di Pantai Gelora Desa Api-Api Kecamatan Waru. Pj Bupati PPU, Makmur Marbun mengatakan bahwa setelah di peluncuran ini tidak lantas hanya menjadi nama. Namun lebih dari itu, menjadi program yang dapat menunjukkan manfaat seperti yang diharapkan.

“Setelah proklim dan bank sampah di launching hari ini saya tunggu hasil kinerjanya,” tegasnya.

Proklim merupakan program berlingkup nasional yang digagas dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain. Semua itu untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Selain itu, untuk memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan. Dibuktikan dengan dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Oleh karena itu, lanjut Makmur, penting kiranya program ini dapat menjadi kampung iklim, juga ketahanan pangan yang bekerja sama dengan mitra. Seperti dunia usaha, perguruan tinggi serta lembaga non-Pemerintah, organisasi kemasyarakatan, LSM serta mitra pembangunan.

“Karena proklim ini memang menerapkan konsep pemberdayaan masyarakat (community based development), yang berbasis sumber daya lokal (local resource based) serta berkelanjutan (sustainable),” terangnya.

Lebih lanjut, sejalan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI yang telah menggagas program ini, Pemkab PPU berkomitmen mendukung setiap kegiatan. Serta sejalan dalam membuat strategi serta mendorong upaya-upaya pengendalian perubahan iklim melalui proklim dengan melibatkan kerjasama multi-pihak.

“Oleh karena itu, Saya selaku penjabat bupati dan jajaran pemerintah kabupaten PPU sangat mendukung program pengendalian perubahan iklim melalui kegiatan Proklim dan Bank sampah yang kesekian kalinya,” pungkas Makmur. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img