spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Gelontorkan Rp 3,2 Miliar untuk Beasiswa 1.000 Sarjana 2023

PPU – Tahun ini, Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) kembali memberikan bantuan berupa beasiswa pelajar dalam Program 1.000 Sarjana. Alokasi anggaran yang digelontorkan dalam kebijkan sektor pendidikan ini mencapai Rp 3,2 miliar.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab PPU, Nurbayah mengatakan program ini meliputi beberapa kategori. Mulai jurusan teknis, jurusan keagamaan, tahfidz atau penghafal Al Quran, berprestasi, tugas akhir dan beasiswa kurang mampu.

“Total anggaran beasiswa untuk tahun ini Rp 3,232 miliar dari APBD,” kata dia, Jumat (24/3/2023).

Dari anggaran Rp 3,232 miliar itu, meliputi beasiswa untuk jurusan keagamaan, jurusan teknis dan jurusan umum sebesar Rp 2,313 miliar. Kemudian beasiswa berprestasi dan tugas akhir sebesar Rp 419 juta dan tahfidz sebesar Rp 500 juta.

“Tahun ini sudah angkatan kelima, karena beasiswa ini sifatnya berkelanjutan,” sambung Nurbayah.

Beasiswa ini diberikan sekali dalam setahun. Besaran beasiswa yang diberikan ke masing-masing penerima terinci sebesar Rp 6,5 juta per orang untuk jurusan keagamaan, jurusan teknis menerima Rp 9,5 juta per orangserta Rp 8 juta per orang untuk jurusan umum.

Selain beberapa jurusan itu, ada pula kategori beasiswa khusus. Yaitu beasiswa tahfidz diberikan berdasarkan jumlah hafalan Al Quran. “Tahfidz ini ada kategori satu juz sampai 30 juz,” sebut dia.

Lalu ada beasiswa yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu. Dalam pemberiannya, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Sosial PPU.

“Kami nanti akan ambil data warga kurang mampu di Dinas Sosial supaya yang mendapatkan beasiswa itu betul-betul dari keluarga kurang mampu,” tutup Nurbayah. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.0k Pengikut
Mengikuti