spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Mahulu Terima Insentif DID Rp 9,3 Miliar dari Kemenkeu

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) menjadi satu di antara 3 kabupaten/kota di Kaltim yang berhasil menerima penghargaan berupa Dana Insentif Daerah (DID). Insentif dana sebesar Rp 9,3 miliar dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan di tahun 2022 ini, diberikan atas rangkaian kinerja positif di berbagai bidang. Bagi kabupaten paling bungsu di Kaltim ini, dana sebanyak itu sangat berarti mempercepat pembangunan dan peningkatan pelayanan publik.

Menurut salinan Peraturan Menteri Keuangan nomor 140/PMK.07/20222 tanggal 15 September 2022 disebutkan, insentif itu diberikan sebagai penghargaan atas kinerja daerah yang dihitung dari beberapa parameter di antaranya; penggunaan produk dalam negeri, percepatan belanja daerah, percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, dukungan belanja daerah dalam penurunan kemiskinan, pengangguran dan stunting serta penurunan inflasi daerah.

“DID yang diterima Mahulu Rp 9,3 miliar. Kabupaten dan kota lain di Kaltim yang menerima DID yakni Berau, Samarinda, dan Mahulu. Termasuk Pemprov Kaltim,” terang Sekretaris Daerah Mahulu Dr. Stephanus Madang, Mahulu baru-baru ini.

Saat ini Pemkab Mahulu sedang menuangkan DID di dalam program kegiatan yang berkaitan dan membantu percepatan pemulihan nasional dan daerah. “Salah satunya untuk penguatan kepada insentif tanam padi kemudian juga untuk Program Keluarga Harapan (PKH), stunting dan disabilitas itu sedang di rumuskan dan dihitung dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan ini akan kita akomodasi,” jelas Sekda.

Ditambahkan Sekda Mahulu, dengan diberikannya DID sudah sepatutnya untuk bersyukur. Selain itu juga sebagai pemacu dalam meningkatkan semangat untuk terus berprestasi untuk kemajuan Kabupaten Mahakam Ulu.

“Sudah sepatutnya kita bersyukur pemerintah pusat melakukan penilaian terhadap kinerja dan penyelenggaraan pembangunan di mahulu termasuk juga terkait dengan penyerapan anggaran kita,” katanya. (len)

BACA JUGA

15.9k Pengikut
Mengikuti