spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Kukar Promosikan Wisata Waduk Melalui Lomba Mancing

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara ( Pemkab Kukar), Kalimantan Timur, mempromosikan Waduk Wisata di Kompleks Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, melalui Lomba Mancing Idaman Seri III agar kawasan tersebut makin dikenal masyarakat luas.

“Lomba Mancing Idaman Seri III ini bukan sekadar lomba, namun merupakan bagian dari upaya mempromosikan objek wisata waduk di Kecamatan Tenggarong Seberang,” ujar Plt Asisten III Setkab Kukar Dafip Haryanto saat membuka lomba tersebut di Tenggarong Seberang, Kaltim, Minggu (10/12/2023).

Lomba ini juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, karena dalam lomba ini juga dirangkai dengan Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan peserta warga setempat.

Lomba mancing diharapkan dapat menunjang pemberdayaan potensi danau/ waduk dan perairan dalam rangka pengembangan wisata mancing di Kukar, termasuk membudayakan masyarakat gemar mengonsumsi ikan.

Ini karena ikan merupakan sumber protein hewani yang tinggi dengan manfaat sangat beragam sebagai penunjang kesehatan baik untuk orang tua, dewasa, hingga anak-anak, sehingga ikan pun bisa untuk melakukan intervensi stunting.

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kukar Fishing Community dan para peserta mancing, atas partisipasi telah mengikuti lomba Mancing Idaman sejak seri pertama hingga seri III ini,” ujarnya.

Memancing, katanya, merupakan kegiatan yang tidak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga dapat memberikan dorongan dan minat masyarakat terhadap olahraga rekreasi, sehingga dapat menjadi gaya hidup yang sehat dan bermanfaat.

Sementara itu, melalui Bazar UMKM yang diadakan sejalan dengan kegiatan tersebut, dirinya berharap dapat memberikan peluang kepada para pelaku UMKM untuk memasarkan produk-produknya, karena hal ini merupakan langkah kongkret dalam mendukung ekonomi lokal.

Sementara Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kukar Aji Ali Husni mengatakan, lomba mancing ini merupakan yang ketiga kalinya tahun ini, guna memberikan wadah bagi para pencinta olahraga rekreasi untuk menyalurkan hobi, sekaligus sebagai ajang silaturahmi.

“Jumlah peserta di lomba hari ini kami batasi hanya sebanyak 500 pemancing. Jika menuruti permintaan dari para peserta, tentu jumlahnya bisa lebih dari itu, namun lapak yang tersedia hanya bisa menampung 500 peserta. Kegiatan semacam ini akan berlanjut lagi di tahun depan,” ujar Aji Ali. (Ant/MK)

Pewarta : M.Ghofar
Editor : Ahmad Buchori

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img