spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Kukar Hadirkan Festival Pesisir di Kecamatan Muara Badak

TENGGARONG – Setelah KukarLand Festival 2023, sukses menghentak Kalimantan. Kini, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) siap meluncurkan festival lainnya, hingga akhir tahun 2023 ini. Yakni dengan menyiapkan Festival Pesisir 2023, yang terfokus di Kecamatan Muara Badak, tepatnya di Pantai Panrita Lopi.

Festival rencananya akan digelar pada pekan kedua Oktober, yakni selama 3 hari. Semenjak tanggal 13-15 Oktober 2023, dengan menggandeng Tirtonegoro Art Festival. Menjadikan Festival Pesisir menjadi event bertaraf nasional.

Sebanyak 6 kegiatan festival ala pantai yang diselenggarakan. Di antaranya, Lomba Tari Pesisir, Pertunjukan Seni dan Budaya, Lomba Baca Puisi, Lomba Domino, Lukis Kanvas dan Jalan Santai.

Di dalamnya pun juga akan dilaksanakan permainan tradisional, pemutaran film, gelar UMKM, pesisir coffee, Talkshow Pemuda Pesisir, parade musik. Juga ada outbond pesisir, demo masak, lomba lari, voli pantai, pemuda inovatif, sepak bola pantai dan penyematan Duta Pesisir.

Selain itu juga ada pemaparan dari Komunitas Anak Nelayan, mengenai cara membuat alat tradisional menangkap kepiting “Rakang”. Tutorial mencabut duri Ikan Bandeng, mengenali ciri-ciri ikan segar dan cara menangkap ikan “Ijar Pesisir”.

“Ya, Festival Pesisir ini kegiatan untuk memberikan edukasi tentang pariwisata, serta edukasi seni dan budaya di Kaltim,” ucap Rahmat Azazi, penyelenggara Festival Pesisir 2023.

Kegiatan ini pun kembali digelar, lantaran adanya dukungan dari pihak Pemkab Kukar yang lagi konsentrasi untuk mendukung event-event garapan pemuda. Dimana, sebelumnya dukungan datang dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Selain dengan Pemkab Kukar, kita juga bekerjasama dengan berbagai pihak, seperti pengelola Pantai Panrita Lopi yang telah menyediakan tempat,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, pun menyambut baik event garapan Tirtonegoro Art Festival ini. Karena memang melibatkan para pelaku usaha kreatif dan UMKM. Menjadi komitmen pemkab untuk mendukung aktivitas positif yang digelar pemuda-pemuda Kukar.

“Kapan lagi ada acara seperti ini, bisa menikmati parade musik, pertunjukkan kesenian, sekaligus liburan di pantai. Makanya, ayo kita ramaikan event ini,” pungkasnya. (adv)

Penulis : Muhammad Rafi’i
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img