spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah Melalui BPBD Kota Samarinda Salurkan Bantuan ke Mahulu

SAMARINDA— Bencana banjir di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) tak luput dari perhatian Pemerintah Kota Samarinda. Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda dibantu oleh BPBD Provinsi Kalimantan Timur, Jum’at (17/5/2024) memberangkatkan tim relawan serta bala bantuan.

“Kita total dari BPBD sekitar 12 orang, tapi kita juga membawa relawan dan Alhamdulillah kita juga dikawal dari BPBD Provinsi, sehingga mungkin total di perjalanan ada 20 orang,” sebut Suwarso, Kepala Pelaksana BPBD kota Samarinda.

Bantuan berasal dari Pemerintah Kota Samarinda dan dibersamai dengan relawan palaran, Jaringan Informasi Taruna Samarinda (ITS), bahkan dari PT. SAL. Serta bantuan lainnya yang berasal dari sumbangan para relawan. Nantinya, kemungkinan relawan dan tim akan berada sekitar 4-6 hari di Mahulu. Karena juga akan ikut melakukan evakuasi korban yang terdampak.

Rencananya keberangkatan akan dilakukan Sabtu (18/5/2024). Suwarso memohon doa dari masyarakat untuk keselamatan tim serta para korban. Kemudian ia juga menambahkan bahwa prioritas bantuan untuk korban berupa sembako yang awet. Sehingga dapat membantu para korban dari segi keamanan pangan.

BACA JUGA :  Bawaslu Kaltim Catat 7 Dugaan Pelanggaran Prosedur dari 139 Kegiatan Kampanye

Terlepas dari itu, Wali Kota Samarinda, Andi Harun, turut hadir menyerahkan secara simbolis bantuan dari Samarinda kepada BPBD Provinsi. Menurutnya, masyarakat Samarinda wajib prihatin atas apa yang menimpa Kabupaten Mahulu.

“Kami juga melepas BPBD Samarinda ke Mahulu, sebagai bentuk ikatan emosional dan komitmen kemanusiaan dari pemerintah kota Samarinda,” ungkapnya.

Kemudian ia menambahkan bahwa barang-barang yang disalurkan berupa, perlengkapan bayi, family kit, kemudian bahan-bahan sandang dan pangan serta logistik lainnya. Di samping itu, juga ada perahu, selimut, matras, terpal, dan sebagainya.

“Yang saya sampaikan berikutnya, ini baru tahap yang pertama, karena kita masih terus berusaha. Kita nanti menunggu dari BPBD dan juga informasi serta keterangan resmi dari Kepolisian, Badan SAR, juga BPBD Provinsi,” tambah Andi Harun.

Pemerintah Kota Samarinda tidak akan Pemerintah Daerah Mahulu bekerja sendirian. Andi Harun memastikan Pemkot Samarinda akan terus berusaha memberika bantuan serta mengajak pemerintah daerah lainnya untuk juga ambil bagian dalam penyaluran dan evakuasi korban banjir di Mahakam Ulu.

BACA JUGA :  Konflik Tanah 16 Tahun Belum Selesai, BAP DPD RI Turun Tangan

Pewarta : Khoirul Umam
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img