spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah Harus Kreatif dalam Menangani Persoalan Sampah


TANJUNG REDEB – Persoalan sampah terus disoroti jajaran legislatif. Sebab, rendahnya kesadaran masyarakat masih menjadi kendala yang dialami.

Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Parasian Mangunsong mengungkapkan, pemerintah harus lebih kreatif dalam menangani persoalan sampah. Terutama yang berada di bantaran sungai.

Dirinya menyarankan pemerintah untuk menumbuhkan kesadaran kreatif demi mengurai sampah di wilayah perairan sungai. “Kreativitas itu harus didukung dalam ruang sinergitas dan kerja kolaboratif.

Pemerintah kita kurang kreatif. Sebenarnya banyak cara bisa ditempuh jika ada kendala yang ditemukan,” jelasnya.

Jika minimnya sarana prasarana untuk menangani sampah menjadi kendala, Rudi menyebut, tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Seharusnya membangun kerjasama dengan pihak perusahaan atau swasta melalui anggaran CSR.

“Minta bantuan itu penting. Karena memang anggaran tidak akan cukup. Kalau bersandar saja di APBD kita, jelas tidak bisa,” tegasnya.

Ditambahkan Rudi, anggaran untuk penanganan sampah justru bisa diantisipasi melalui keterlibatan semua pihak. Karena itu diperlukan juga kerja sama dengan masyarakat dan LSM.

“Tidak bisa hanya DLHK sendiri yang tangani. Peran serta masyarakat juga dibutuhkan. Tapi paling penting bangun kerja sama dengan LSM dan ormas,” tutupnya. (adv/dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img