spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pembangunan IKN Diharap Berdayakan Naker Lokal

BALIKPAPAN – Harapan besar disampaikan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi agar pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) benar-benar memperhatikan dan memberdayakan tenaga kerja (Naker) dan perusahaan lokal Kaltim

“Kami bersyukur Kaltim terpilih sebagai IKN. Alhamdulillah pembangunannya terus berjalan. Harapannya makin banyak Naker dan perusahaan lokal yang dilibatkan,” kata Wagub Hadi Mulyadi pada dialog usai jamuan makan siang Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto di Mapolda Kaltim Balikpapan, Jumat (21/7/2023).

Tampak hadir pula Pangdam IV/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Komisaris Utama Waskita (BUMN) Heru Winarko dan jajaran Otorita IKN.

Wagub mengucapkan terimakasih atas undangan itu. “Terimakasih atas undangan yang untuk pertama kalinya ini,” ucapnya tampak ceria.

Saat tiba, Wagub dipersilakan sejenak di ruang makan lantai II Mapolda. Terhidang aneka makanan termasuk makanan rakyat seperti gado-gado, rujak cingurr, rawon dan lain-lain.

Usai makan siang dilanjutkan dialog di Ruang Pertemuan Lantai III.

Menurut Kapolda Imam Sugianto pertemuan itu sangat penting dalam rangka mendukung pembangunan IKN bersama Kodam yang juga masuk dalam Satgas dan pihak terkait lainnya.

BACA JUGA :  Membanggakan! Kaltim Sabet 4 Penghargaan di Ajang Baznas Award

“Karena itu kita ingin pembangunan IKN lancar sebagaimana. yang kita inginkan bersama,” katanya.

Beberapa masalah yang berpotensi terjadi antara lain terkait pengerjaan teknis di lapangan dan masalah lingkungan hidup dengan terjadinya pencemaran dan kerusakan hutan mangrove.

Dikatakan, pengangkutan batu dan pasir dari Palu perlu ekstra hati-hati karena melewati kawasan yang harus dilindungi. Hal senada diutarakan Pangdam Tri Budi Utomo.

Sementara itu, Komisaris Utama Waskita Heru Winarko di kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya tahun ini mengerjakan 7 proyek besar di IKN, meliputi pembangunan infrastruktur jalan lingkar Sepaku, tol IKN-Balikpapan, Sekretariat Presiden, instalasi air, hunian ASN dan lain-lain.

Terungkap pula jika investornya siap maka di IKN segera dibangun hotel dan mal untuk mendukung kepindahan ASN dan TNI/Polri tahun 2024.

Mengenai naker dan perusahaan lokal ikut membangun IKN, pihak Waskita ujar Heru menyambut baik dan siap merealisasikannya sesuai dengan ketentuan yang ada.

Semua pihak dalam dialog sepakat bersama untuk mengawal dan menyukseskan pembangunan IKN kebanggaan bangsa. (adv/diskominfokaltim)

BACA JUGA :  Zakat Fitrah 2023 Telah Ditetapkan, Berikut Rinciannya di Seluruh Kabupaten Kota se-Kaltim
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img