spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pekan Depan, OIKN Targetkan Groundbreaking Tahap III di IKN

JAKARTA – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menargetkan pelaksanaan peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap ketiga pembangunan IKN akan dilakukan pekan depan sebelum periode libur Natal dan tahun baru.

“InsyaAllah minggu depan, sekitar tanggal 20-an (Desember) mudah-mudahan. Kalau jadwal tentunya saya akan ikut dari Istana, bagaimana jadwal Bapak Presiden,” kata Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono saat ditemui di sela acara “Workshop on International Financial Center di Ibu Kota Nusantara” di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Adapun untuk peletakan batu pertama tahap III, nilai investasinya ditargetkan sekitar Rp10 triliun. Agung menuturkan pihaknya berupaya maksimal agar prosesi peletakan batu pertama dapat dilaksanakan sebelum memasuki masa liburan. “Kita berharap semaksimal mungkin bisa tercapai karena mungkin sebagian juga sudah ada yang libur, tapi kita maksimal dulu sebelum libur harus ada groundbreaking,” imbuhnya.

Agung menyebutkan terdapat tiga sektor proyek yang akan dilakukan peletakan batu pertama tahap ketiga nanti. Pertama, adalah sektor hijau yaitu proyek-proyek yang berkaitan dengan konsep green forest city dan reforestasi.

Kedua, yaitu proyek penguatan dan pembangunan ekosistem di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) yang berupa properti hunian, hotel, dan rumah sakit pemerintah.

“Kita sudah ada 3 RS (rumah sakit) swasta yang groundbreaking, kali ini pemerintah dan kita juga sudah melakukan pembagian antara 4 RS ini bidangnya apa saja. Kan ada 8 penyakit yang harus diwaspadai, nah mudah- mudahan 4 RS ini bisa meng-cover empat (penyakit),” ujar Agung.

Ketiga, adalah proyek gedung lembaga-lembaga pemerintahan yaitu Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan lembaga di sektor pertahanan.

“Kemarin kan sudah ada BI, kali ini akan ada LPS, juga kalau gak salah dari sektor pertahanan TNI/Polri bisa memulainya,” ucap Agung.

Diketahui, peletakan batu pertama tahap I telah dilakukan pada 21-22 September 2023 dengan total nilai investasi sebesar Rp23 triliun. Terdapat 10 perusahaan Konsorsium Nusantara yang akan membangun mal, hotel, perkantoran serta kontribusi tanaman dan ruang terbuka hijau.

Kemudian, pembangunan tempat pelatihan sepak bola dengan standar internasional Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) hingga Pertamina sustainable energy center.

Selanjutnya. peletakan batu pertama tahap II pada 1-2 November 2023 dengan nilai investasi Rp12,5 triliun, di antaranya rumah sakit, mal yang terintegrasi dengan hotel dan apartemen, beberapa kantor pemerintah, pulau suaka orang hutan, bandara VVIP, dan sekolah negeri serta internasional. (Ant/MK)

Oleh : Farhan Arda Nugraha
Editor : Faisal Yunianto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img