spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pebalap Astra Honda Sapu Bersih Piala di ARRC Mandalika

SAMARINDA  – Herjun Atna Firdaus pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) berhasil sapu bersih podium tertinggi. Tidak hanya sekali tapi dua kali di seri keempat ajang balap Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 pada kelas AP250 yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada 12-13 Agustus 2023.

Konsistensi diperlihatkan Herjun pada performa balap dari sesi kualifikasi dengan memulai jalannya balap dari pole position yang dilangsungkan pada hari Sabtu (12/08/2023). Walaupun sempat berada di urutan ke-4 saat lap kedua, Herjun berhasil kembali merebut posisi hingga menyentuh garis finish dan mempersembahkan podium tertinggi.

Prestasi lainnya didapatkan oleh Rheza Danica Ahrens dan M. Adenanta Putra, meraih podium kedua pada kelas AP250 dan poduim ketiga pada kelas SuperSports 600. Kedua pebalap ini juga tampil mempesona.

Pada race kedua yang dihelat hari Minggu (13/8/2023) Herjun kembali menempati posisi juara pertama pada kelas AP250. Selain Herjun, Rheza Danica Ahrens juga berhasil mempersembahkan podium kedua.

“Luar biasa, senang sekali bisa meraih double winner, meskipun di awal lomba sempat berada di beberapa posisi. Secara bertahap saya coba untuk terus naik posisi. Saat kesempatan datang, saya berusaha maju dan memimpin rombongan depan. Saat itu pula, saya mencoba fokus untuk menjaga racing line dan menambah jarak dengan pebalap lainnya. Kemenangan ini saya persembahkan untuk Astra Honda, keluarga dan masyarakat Indonesia,” ujar Herjun.

BACA JUGA :  Inilah Daftar 38 Kementerian/ Lembaga yang Pertama Dipindah ke IKN

Andy Wijaya sebagai General Manager Marketing Planning and Analysis AHM mengatakan raihan prestasi yang didapat pada ARRC seri Mandalika tidak terlepas dari  pembinaan, strategi dan kerjasama tim dalam berkompetisi di ajang balap bergengsi Asia, serta dukungan dari semua penggemar Astra Honda Racing Team, sponsor, serta Honda community yang hadir mendukung pebalap Astra Honda dengan semangat Satu Hati di Mandalika.

Pencapaian prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi para pebalap muda Indonesia untuk meraih mimpi dan berprestasi di level kejuaraan yang lebih tinggi lagi untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Raihan podium pada putaran ini membuat kekuatan tim balap PT Astra Honda Motor (AHM) berada pada posisi pertama klasemen tim. Putaran selanjutnya ARRC 2023 akan dihelat di Zhuhai International Circuit, China pada 3-5 November 2023.

“Dengan kondisi pengurangan 1.000 rpm, saya memang harus bekerja ekstra di seri Mandalika ini yang memiliki banyak speed corner sehingga sangat membutuhkan putaran atas. Saya mencoba untuk tetap tenang dan menjaga irama balap. Saya terus bertarung pada zona podium hingga finish di posisi 2 dan mempertahankan dominasi Astra Honda di AP250,” ujar Rheza.

BACA JUGA :  Calon Ketua DPRD Kaltim Dilaporkan ke Polisi, Diduga Lakukan Penipuan Cek Kosong Rp 2,7 Miliar

Sementara di kelas Supersports 600 (SS600), persaingan tidak kalah ketat untuk meraih podium di kedua putaran. Pada race pertama yang dihelat Sabtu (11/08), Adenanta dan Arbi sejak awal balapan terus menekan posisi untuk masuk dalam persaingan lima besar.

Berusaha menampilkan performa terbaik, Arbi yang pertama kalinya memacu CBR600RR berhasil finish di posisi ke-5, sedangkan Adenanta harus puas untuk finish di posisi ke-7 di race pertama putaran keempat pada Sabtu (12/08).

Perjuangan dilanjutkan pada race kedua dengan hasil yang lebih memuaskan. M. Adenanta Putra yang memulai start dari urutan ke 9 berhasil meraih podium perdananya di kelas SS600 pada ajang ARRC 2023 dengan meraih podium ketiga.

Pebalap asal Magetan terus melaju melewati 15 pebalap lainnya. Sempat berada di posisi pertama dengan selisih waktu yang tipis dengan rivalnya, ia finish di posisi ke 3.

Sementara Arbi yang turun menggantikan Gerry Salim pada putaran keempat ARRC 2023 memulai balapan dari urutan ke 6 dan finish di posisi ke 6.

BACA JUGA :  Mahasiswa Kritisi Program Magang dan Kampus Merdeka pada Peringatan Hari Buruh

“Saya memulai start dengan baik, dan langsung berada dalam persaingan top group. Ini menjadi awal yang sangat menentukan buat saya. Kepercayaan diri saya semakin kuat setelah berhasil menimpin balapan beberapa lap. Namun dalam tekanan balapan yang sangat kuat dari posisi 2 dan 3, akhirnya saya meraih podium 3. Terima kasih dukungan team Astra Honda, masyarakat dan keluarga,” ujar Adenanta.

Pada kelas AsiaSuperbike 1000cc (ASB1000), Andi Farid Izdihar yang saat ini tergabung di Honda Asia-Dream Racing juga tampil apik.

Pada race pertama pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan yang biasa disapa Gilang ini start dari posisi ke dua, bersaing ketat dengan grup terdepan Gilang berhasil mempertahankan posisi dan meraih podium kedua. Sementara di balap kedua, balapan sempat dihentikan pada lap 4 karena terjadi insiden sehingga balapan harus dihentikan.

“Kami sangat bangga dengan prestasi yang dicapai oleh pada pebalap dan tim AHRT di akhir pekan ini. Kekompakan dalam menyusun strategi dan upaya untuk tampil kompetitif berhasil membuahkan hasil positif dengan meraih podium baik di AP250 dan SS600. Kami juga mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak yang telah konsisten mendukung para pebalap Astra Honda. (acc)

Pewarta : Annisa, Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img