spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PAW DPRD Kaltim: Sah, Kaharuddin Jafar Ambil Alih Kursi Makmur HAPK

KALTIM – Polemik yang berlarut-larut antara Makmur HAPK dengan Partai Golkar akhirnya berakhir dengan Pergantian Antar Waktu (PAW). Kaharuddin Jafar kini resmi menggantikan posisi Makmur HAPK sebagai Anggota DPRD Kaltim.

Pergantian ini dilakukan pada Rapat Paripurna ke-26 DPRD Kaltim yang berlangsung pada Rabu, 16 Agustus 2023. Dalam rapat tersebut, Kaharuddin Jafar telah diambil sumpahnya dan resmi menjabat sebagai Anggota DPRD Kaltim.

Hasanuddin Mas’ud, Ketua DPRD Kaltim, menjelaskan bahwa PAW ini dilaksanakan menyusul pengunduran diri Makmur HAPK dari keanggotaannya di Partai Golkar. Berdasarkan rekaptulasi suara KPU, Kaharuddin Jafar memiliki suara tertinggi setelah Makmur, sehingga ia berhak menggantikan posisi Makmur sebagai Legislator Karang Paci.

“Sesuai dengan Keputusan Mendagri, PAW ini dilakukan karena salah satu anggota Partai Golkar mengundurkan diri dan telah mendaftar di partai lain,” kata Hasanuddin.

Mengenai posisi Kaharuddin di Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Hamas, sapaan akrab Hasanuddin, mengatakan bahwa Kaharuddin kemungkinan akan ditempatkan di Komisi I, mengikuti posisi terakhir yang ditinggalkan oleh Makmur. Namun, instruksi AKD masih menunggu proses dari Sekretariat DPRD Kaltim.

BACA JUGA :  Jahidin: Perda Ketahanan Keluarga Perlu untuk Membangun Negara

“Kami masih menunggu surat instruksi AKD yang belum sampai di Sekretariat dan Pimpinan,” ungkap Hasanuddin.

Setelah Rapat Paripurna, Kaharuddin Jafar menyatakan kesiapannya untuk segera beradaptasi dan bekerja maksimal selama sisa masa jabatannya. Ia berencana untuk segera turun ke dapilnya guna menyerap aspirasi masyarakat.

“Saya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dapil saya, seperti Bontang, Kutim, dan Berau, untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” kata Kaharuddin kepada awak media.

Mantan Ketua DPRD Bontang ini juga menyoroti beberapa isu penting di dapilnya, seperti kondisi jalan yang rusak dan masalah banjir. Ia berjanji akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat untuk menangani isu-isu tersebut.

“Saya belum membuka dialog sebelum dilantik, namun setelah pelantikan, saya akan segera bertindak,” pungkas Kaharuddin. (Eky)

Pewarta: Andi Desky
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img