spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pastikan Progres Pembangunan Pasar, Disperindagkop UKM Tinjau ke Lapangan

PASER – Guna memastikan progres pengerjaan pembangunan maupun rehabilitasi pasar, pihak Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser meninjau langsung di lapangan.

Seperti yang dilakukan pada Selasa (14/11/2023). Peninjauan dimulai di Pasar Kapitan Wasel Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot, kemudian pasar Keresik Bura dan terakhir pasar rakyat Desa Petangis, Kecamatan Batu Engau.

“Untuk di Tepian Batang rehabilitasi, Keresik Bura dan Pasar Petangis pembangunan baru,” kata Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Paser, Yusuf.

Rehabilitasi di Pasar Kapitan Wasel dikatakan Yusuf telah rampung. Untuk pengelolaannya diserahkan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Tepian Batang. Pengerjaan itu menelan anggaran Rp 178 juta bersumber APBD Kabupaten Paser.

“Itu pasar desa. Kita membangunkan, pengelolaannya dan penempatan pedagang menjadi kewenangan desa setempat,” jelasnya.

Sementara untuk di Pasar Keresik Bura merupakan relokasi dari tempat sebelumnya. Lokasi yang lama tepat berada di pinggir jalan raya dan kesulitan area parkir. Alhasil dipindahkan di belakang Puskesmas.

Terdapat 4 bangunan yang didirikan. Nantinya, tiga di antaranya diperuntukkan jualan kering, dan satunya dagangan basah seperti ikan dan daging. Pembangunan itu bersumber dari APBD Kabupaten Paser tahun anggaran 2023 senilai Rp 786 juta.

Sedangkan untuk pasar di Desa Petangis saat ini pengerjaan telah mencapai 70 persen. Bangunan yang diperuntukkan bagi 54 petak dan 32 kios ini pengerjaannya bersumber dari APBN senilai Rp 2,8 miliar.

Pengerjaan seluruhnya ditargetkan telah selesai sesuai kontrak atau medio Desember mendatang. “Dari hasil peninjauan kami rata-rata progres pengerjaan sudah mencapai 70 sampai 75 persen. Semua pengerjaan di lapangan sesuai dengan progres yang telah ditetapkan pada awal perencanaan kegiatan,” terang Yusuf.

Rehabilitasi maupun pembangunan pasar ini implementasi perwujudan visi misi Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera). Yakni meningkatkan dan menggandakan nilai dari potensi yang telah dimiliki agar mampu berhasil guna serta berdaya saing.

Selain itu wujud terpenuhinya kebutuhan pokok dan standar hidup masyarakat. Semua itu dilakukan semata-mata untuk menunjang perekonomian di Kabupaten Paser. Masyarakat semakin nyaman berbelanja di pasar tradisional.

“Dengan pembangunan dan peningkatan pasar ini kami mengharapkan roda perekonomian daerah juga berjalan dengan baik,” harapnya.

Untuk diketahui, sepanjang 2023 ini terdapat 17 pengerjaan di lakukan di pasar. Mulai rehabilitasi, pembangunan baru, peningkatan lahan parkir pasar hingga semenisasi halaman pasar.

“Selain itu juga ada yang dibangun oleh Dinas PU (DPUTR) Kabupaten Paser pada 2023 ini sebanyak 117 kios di Pasar Senaken. Untuk semenisasi halaman pasar itu di Desa Senin dan Jemparing dan sesudah selesai juga,” tambah Syamsul Rizal.

Pewarta : Bhakti Sihombing
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img