spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pasien Tak Perlu Lagi Antre Obat, RSUD Taman Husada Terapkan Layanan E-Resep

BONTANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Kota Bontang menerapkan E-Resep pada pelayanan farmasi Apotek Rawat Jalan.

Kepala unit depo farmasi rawat jalan RSUD Bontang, Altarina Asis, menjelaskan mekanisme pelayanan apotek rawat jalan di RSUD yakni dengan menggunakan resep dari dokter sesuai dengan pelayanan kesehatan namun dokter meresepkan dengan E-Resep.

“Untuk pelayanan resep harus mendapatkan resep dari dokter. Untuk pelayanan resep di farmasi apotek rawat jalan RSUD sudah menggunakan E-Resep (e-prescribing). Kemudian layanan kami sudah elektronik, tinggal melihat nama di layar,” kata Altarina Asis.

Selanjutnya, Ia mengatakan kemudahan ini diberikan agar menghindari antrean bagi pasien agar tidak mengantre lama. “Dokter yang memeriksa di poli. Kemudian dokter menuliskan resep yang dikirimkan langsung ke apotek. Kemudian pasien tinggal melihat nama di layar. Akan ada informasi ‘menunggu’, ‘sedang diproses’ kemudian ‘selesai’. Itu proses E-Resep di farmasi,” jelas Altarina.

Ia menambahkan setiap harinya, farmasi apotek rawat jalan RSUD bisa melayani resep sebanyak 300-350 resep sesuai dengan hari kerja. “Apotek tetap melayani setiap hari sesuai dengan jadwal jam kerja,” katanya.

Selain menggunakan E-Resep di farmasi apotek RSUD Bontang akan memudahkan pasien dengan tidak mengantre untuk menyerahkan resep dari pasien.

“Itu, pasien tidak harus mengantre menyerahkan resep. Sekarang notifikasi sudah akan terkirim ke nomor ponsel pasien baik melalui pesan singkat. Jadi pasien tidak harus menunggu antre. Status resep bisa diketahui,” ungkapnya.

Untuk penyelesaian resep obat sendiri dilakukan apotek dengan waktu lebih kurang 30 menit untuk obat non racikan dan untuk obat racikan selama 60 menit. (adv)

Pewarta: Yahya Yabo
Editor: Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img