spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Paser Terima Mobil Pusling, Ganjaran Pemkab Seriusi Budaya Literasi

PASER – Kabupaten Paser menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang menerima bantuan armada berupa mobil untuk Perpustakaan Keliling (Pusling) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Dari 10 Dinas Perpustakaan Tingkat Kabupaten/Kota yang ditetapkan sebagai penerima bantuan, Kabupaten Paser termasuk di dalamnya. Bantuan itu diterima Bupati Paser, Fahmi Fadli, saat HUT ke-44 Perpusnas dan Peringatan Hari Buku Nasional, Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat.

Bupati Paser, Fahmi Fadli, menyampaikan dukungan penuh terhadap program literasi di daerah termasuk untuk membangun perpustakaan pada tingkat desa. “Sudah jelas ada mandatorinya, pemerintah daerah pasti berkomitmen meningkatkan literasi di daerah,” terang Fahmi.

Diutarakannya, Kabupaten Paser termasuk daerah yang beruntung dan dipanggil khusus dalam momen tersebut yang menandakan Bumi Daya Taka termasuk diistimewakan oleh Perpusnas RI. Baginya, hal ini merupakan buah keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser.

“Alhamdulillah kita sudah dapat dana alokasi khusus (DAK) dua kali, bangunan tahun lalu dan mobil Pusling. Nah, tahun 2025 rencananya kita dapat lagi untuk non-fisik,” ulasnya.

BACA JUGA :  Pemkab Paser Siapkan Upaya Penanggulangan Karhutla

Fahmi menambahkan, pada puncak peringatan HUT Perpustakaan Nasional lalu juga dicanangkan Gerakan Literasi Desa. “Gerakan itu tentunya bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang gemar membaca dan berliterasi tinggi,” ungkapnya.

Peningkatan budaya membaca dan kemampuan literasi masyarakat, juga merupakan misi utama dari Perpusnas. Sejak tahun 2015, program tersebut telah menjadi gerakan nasional guna menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Hanya saja, hasil pembangunan literasi masih sering dipertanyakan karena masih ditemukan fakta yang menunjukkan rendahnya tingkat kegemaran membaca para siswa dan masyarakat umum,” ulasnya.

Dalam menyelaraskan tugas besar dalam membangun literasi, diperlukan pemahaman bersama tentang pentingnya literasi dan kesiapan untuk bekerja sama. “Membangun literasi pekerjaan bersama yang harus dilakukan secara bersama-sama, dan Pemkab Paser berkomitmen akan hal itu,” pungkasnya.

Pewarta: Bhakti Sihombing
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img