spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Paser Raih Penghargaan Kepatuhan LHKPN Terlengkap dari KPK

PASER – Nominasi kepatuhan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terlengkap, diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser. Nominasi yang disematkan dalam bentuk penghargaan itu, diterima Bupati Paser, Fahmi Fadli, Jumat (9/12/2022).

Sebagai penyelenggara dengan pelaporan secara lengkap sejak 2018 hingga 2021. Penghargaan  diterima pada pembukaan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 yang berlangsung di Jakarta, pekan lalu.

Kabupaten Paser menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang meraih Awards Kepatuhan LHKPN 2022. Fahmi menyebut, penghargaan diperoleh berdasarkan penilaian terhadap instansi secara berkesinambungan.

“Mulai dari tahun pelaporan secara elektronik pertama kali di tahun 2018 hingga sekarang ini,” katanya.

Fahmi menjelaskan, poin penilaian pada nominasi kepatuhan yang diterima. Yakni berdasarkan pembuatan Peraturan Bupati (Perbup) Paser yang dinilai selaras dengan Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) termasuk LHKPN.

“Kabupaten Paser telah menerbitkan peraturan internal mengenai penyampaian LHKPN, yang telah diharmonisasikan dengan peraturan KPK Nomor 20 Tahun 2020 tentang tata cara pendaftaran, pengumuman, dan pemeriksaan LHKPN,” urai Fahmi.

Kemudian, peraturan internal yang telah diharmonisasikan dengan peraturan KPK yang tertuang dalam Perbup Paser Nomor 9 Tahun 2022. Hal itu, sebagaimana perubahan atas Perbup Kabupaten Paser Nomor 23 Tahun 2017 tentang LHKPN di lingkungan Pemkab Paser.

“Dengan penghargaan yang diperoleh ini, bisa memotivasi para pejabat daerah, untuk lebih meningkatkan kepatuhan dan tepat waktu dalam pelaporan LHKPN kedepannya,” harapnya.

Fahmi juga menginginkan agar apa yang diraih Kabupaten Paser saat ini, bisa konsisten dan bertahan dalam pencapaiannya. Ia juga mengapresiasi para pejabat di lingkungan Pemkab Paser, yang telah patuh dan tepat waktu dalam pelaporan LHKPN.

“Semoga kedepannya dapat ditingkatkan lagi dan tetap konsisten, kemudian bagi BKPSDM Paser juga kami apresiasi yang telah menangani dengan baik,” ujarnya.

Fahmi juga optimistid, apa yang diraih saat ini menunjukkan kesiapan Kabupaten Paser sebagai salah satu daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dengan memegang transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Untuk menjadikan Kabupaten Paser yang Maju Adil dan Sejahtera (MAS),” ucap Fahmi.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri mengharapkan agar Kabupaten Paser dapat lebih meningkatkan kepatuhan dan tepat waktu dalam pelaporan LHKPN, sehingga Paser tetap konsisten dalam pencapaiannya.

“Selamat atas pencapaian Kabupaten Paser meraih Awards Kepatuhan Terlengkap¬†berturut-turut,” ujar Firli. (bs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img