spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Paser Bakal Gelar Ajang Kejuaraan Road Race Nasional

PASER – Ajang balap motor atau road race tingkat nasional bakal digelar Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Paser dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Paser pada Desember 2023 mendatang.

Sekretaris IMI Kabupaten Paser, Zulkifli Kaharuddin menyatakan, inisiasi olahraga balap motor itu sendiri mulanya hasil dari Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IMIM Provinsi Kaltim. Sehingga hal itu disambut baik dan direncanakan terwujud.

“Hari itu langsung kami sambut, dan disesuaikan dengan jadwal hari ulang tahun Kabupaten Paser pada Desember mendatang, kita gelar antara tanggal 9 dan 10,” terang Zulkahar sapaan akrabnya, Senin (21/8/2023).

Adapun pelaksanaan road race tersebut rencananya akan digelar di Stadion Sadurengas, Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot. “Untuk peserta kami buka dari daerah mana saja. Bisa dari Provinsi Kaltim, Kalsel, Kalbar bahkan dari daerah lain,” tambahnya.

Sejauh ini, kata Zulkahar, pihaknya terkendala sirkuit balap atau rute yang dibutuhkan. Imbasnya, saat hendak berlatih, harus menggunakan ongkos yang lebih besar dalam mempersiapkan segala sesuatu termasuk dalam pelaksanaan road race tersebut.

BACA JUGA :  Verfak DPD RI, Bawaslu Paser Fokus Pengawasan Prosedur

“Harapannya ke depan, pemerintah bisa memfasilitasi kami pegiat otomotif untuk dibuatkan sirkuit, apalagi Paser akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov Kaltim 2026,” paparnya.

Zulkahar menambahkan, dengan sirkuit yang akan digunakan pihaknya hanya bisa meminilisir terjadinya insiden. “Rutenya cukup menantang, mulai dari turunannya, ada gundukan, lubang-lubang, apalagi saat keluar trek langsung berhadapan dengan parit,” paparnya.

Mulanya, pihaknya memiliki dua opsi untuk pelaksanaan road race tersebut di antaranya jalur Jalan Jendral Sudirman, Tanah Grogot dan Lingkungan Stadion Sadurengas. Pada akhirnya, IMI Paser memutuskan memilih lingkungan Stadion Sadurengas dengan beberapa pertimbangan.

“Kalau kita adakan di jalur 2, banyak fasilitas umum pemerintah yang sudah cukup bagus, makanya kita minimalisir terjadinya kerusakan fasilitas umum itu,” ulasnya.

IMI Kabupaten Paser menargetkan 500 peserta yang akan ikut pada pelaksanaan road race tersebut, dengan 22 kelas yang dipertandingkan. Harapannya, banyak pembalap lokal yang turut terlibat.

“Kami lebih fokus ke kelas lokal Paser, karena bagi kami event ini merupakan pesta rakyat Paser jadi masyarakat harus merasakan apalagi pembalap dari Bumi Daya Taka,” tutup Zulkahar. (bs)

BACA JUGA :  Siapkan Ratusan Ton Beras Cadangan Jelang Bulan Puasa

Pewarta : Bhakti Sihombing

Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img