spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pantau Bahan Pokok Jelang Nataru di Bontang, Harga Normal dan Stok Mencukupi

BONTANG – Pemerintah Kota Bontang melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok pangan di pasar induk Taman Rawa Indah menjelang Natal dan Tahun Baru 2024, Selasa (19/12/2023).

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Lukman mengatakan ketersediaan stok dan harga di pasar Taman Rawa Indah menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024 secara umum tidak mengalami masalah dan dalam keadaan normal. Ia mengatakan ada kenaikan pada beberapa bahan pangan, namun tidak cukup signifikan hanya sebesar Rp 1.000 sampai Rp 2.000.

“Ada kenaikan pada harga ayam dan beras setelah dilakukan pemantauan harga, namun tidak terlalu tinggi,” jelasnya kepada awak media, Selasa (19/12/2023).

Ia melanjutkan bahwa ada bahan yang mengalami kenaikan yakni harga cabai yang bisa mencapai Rp 70-95 per kilogram. Sementara itu, Ia menyarankan masyarakat untuk berbelanja di pasar melihat ada beberapa perbedaan harga.

“Semoga menjelang Nataru tidak ada kenaikan yang melonjak tinggi,” terangnya.

Lukman mengatakan, dari pantauan yang dilakukan bersama tim dan menanyakan ke para pedagang bahwa stok pangan hingga jelang Natal dan Tahun Baru masih dalam keadaan mencukupi.

“Dari beberapa penjual bahan pokok yang kita tanyakan mengatakan bahwa pasokan stok lancar-lancar saja tidak ada kendala,” ungkapnya.

Untuk harga cabai yang alami kenaikan, Kabid Ketahanan Pangan, DKP3 Bontang, Idhamsyah mengatakan akan dipantau setiap minggunya, karena pasokan cabai berbeda-beda dari setiap wilayah seperti dari pulau Jawa dan pulau Sulawesi.

“Ada perbedaan harga karena pasokan asal bahan berbeda wilayah. Kalau cabai rata-rata dipasok dari Sulawesi kalau telur dari Surabaya. Saat ini distribusinya sudah lancar,” katanya.

Salah satu pedagang pasar Taman Rawa Indah, Murni mengatakan harga-harga pangan seperti telur dan beras tidak mengalami kenaikan dengan harga normal sesuai dengan harga sebelumnya.

“Tidak ada kenaikan, harga masih normal,” katanya.

Untuk diinformasikan harga bahan pokok seperti cabai di harga Rp 70-95 per kilogram, telur dengan ukuran besar dengan harga Rp 58-Rp 60 ribu ukuran kecil dengan harga Rp 55 ribu per piring, beras dengan harga Rp 15 ribu – Rp 16 ribu per kilogram atau Rp 360- 375 untuk ukuran 26 kilogram dan harga ayam Rp 58 ribu untuk ukuran 1,8 kilogram.

Penulis: Yahya Yabo
Editor: Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img