spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Panji Beber Terbentuk, Wadah Lestarikan Pusaka dan Budaya Nusantara

BONTANG – Paguyuban Tosan Aji Bessai Berinta (Panji Beber) resmi terbentuk di Bontang. Pembentukan paguyuban yang berkonsentrasi pada pelestarian pusaka dan budaya di nusantara itu ditandai dengan digelarnya silaturahmi dan tasyakuran di Lamin Makodim 0908/BTG, Jalan Awang Long, Selasa (1/6/2021) malam.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Basri Rase, Wakil Wali Kota Najirah, Ketua Ika Pakarti Bontang Dasuki, Dandim 0908/BTG Letkol Arh Choirul Huda. Salah satu penggagas berdirinya paguyuban ini, Tommy Johan Agusta mengatakan, penamaan Bessai Berinta di belakang nama organisasi dimaksudkan agar sesuai dengan slogan Bontang, yang artinya mendayung bersama. “Diharapkan terbentuknya paguyuban ini dapat bersama-sama melestarikan pusaka dan budaya yang ada di nusantara,” ujarnya.

Sementara itu dalam arahannya, Dandim Choirul Huda berharap, dengan terbentuknya paguyuban ini, dapat menyatukan seluruh komponen bangsa, membantu pemerintah dalam mengisi kemerdekaan, serta turut berpartisipasi dalam pembangunan di masa kepemimpinan Basri danNajirah.  Apalagi, Bontang dikenal dengan miniaturnya Indonesia. Sehingga semuanya harus saling menghargai dan bersinergi. “Jangan jadi organisasi yang eksklusif. Jadilah organisasi yang menerima semua golongan,” pesannya.

Sementara itu, Wali Kota Bontang Basri Rase mengucapkan selamat dan sukses atas terbentuknya pengurus Panji Beber Bontang. Dirinya mengharapkan, agar amanah yang telah diberikan, dapat dilaksanakan dengan baik. “Semoga paguyuban ini dapat jadi sarana bertukar fikiran, ilmu, serta meningkatkan pariwisata di Bontang agar tetap terjaga,” harapnya.

Dalam silaturahmi dan tasyakuran ini, juga dirangkai dengan penunjukkan ketua Panji Beber Bontang yang dinahkodai oleh Nasrullah. Proses penerimaan mandat ditandai dengan penyerahan sebilah keris tulang geni oleh Ketua Ika Pakarti, Dasuki. Dan terakhir, ditutup dengan pemotogan tumpeng bersama. (bms)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img