spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Paguyuban Miliki Peran Penting dalam Harkamtibmas, Polres-Pemkot Bontang Gelar FGD

BONTANG–  Untuk melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) Polres dan paguyuban di Bontang melaksanakan Focus Group Discussion (FGD).

Narasumber dari acara yang digelar di pendopo rumah jabatan Wali Kota Bontang, Jumat (9/12/2022), berasal dari kepolisian, akademisi, dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Bontang.

Yopie Turang, sebagai akademisi Bontang, menjelaskan, soal optimalisasi peran tiga pilar guna penanggulangan konflik sosial untuk menjaga harkamtibmas. Selain itu, dia menjelaskan tujuan harkamtibmas yakni memberikan rasa aman perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat.

“Membatasi ruang gerak terjadinya konflik,” katanya.

Yopie menyebutkan, ada yang harus dilakukan bersama Polri maupun masyarakat (komunitas), dengan target mewujudkan masyarakat yang aman dan harkamtibmas. “Identifikasi risiko gangguan harkamtibmas. Tujuannya masyarakat aman dan Budaya Harkamtibmas,” tambahnya.

Sementara, Kapolres Bontang AKBP Yusep Dwi Prastiya mengatakan, ada 3 sasaran Harkamtibmas yakni global, nasional dan lokal. Dalam global ada permasalahan perkembangan Informasi Teknologi (IT), terorisme, radikalisme dan intoleransi hingga krisis pangan dan energi.

“Nasional dan lokal ada tahun politik jelang pemilu 2024, SARA dan konflik sosial, sengketa lahan dan Nataru (Natal dan Tahun Baru),” jelas Yusep.

Yusep menambahkan, untuk pelaksanaannya dengan mitra masyarakat, ada Perpol nomor 1 tahun 2021 tentang Pemolisian Masyarakat.

Sementara, Wali Kota Bontang Basri Rase mengungkapkan, melalui diskusi bersama paguyuban akan menambah semangat dalam kebersamaan dengan perbedaan menjadi perekat bersama, serta membangun sinergi keamanan dan ketertiban masyarakat di Bontang.

“Tantangan kita ke depan ini sungguh luar biasa di era industri 4.0. Di mana begitu banyak permasalahan yang kita hadapi begitu banyak contoh yang kita lihat dan ini tentu harus membawa kedewasaan untuk bertindak dan berpikir untuk kita semua,” pungkas Basri. (yah)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img