spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pagelaran Pusaka Panji Beber Hadir di Pelangi Expo

BONTANG – Ceremonial Pembukaan Pelangi Expo yang digelar Radio Suara Khatulistiwa (Radio SK) di Halaman Gedung Koperasi Karyawan PKT, Senin tanggal 26 Desember 2022, diramaikan dengan Pagelaran Pusaka Nusantara oleh Panji Beber (Paguyuban Pelestari Tosan Aji Bessai Berinta) Kota Bontang. Acara ini merupakan rangkaian HUT ke-45 PT Pupuk Kalimantan Timur.

Ahmad Rofii, ST selaku Ketua Panitia Pagelaran Pusaka Pelangi Expo, mengatakan bahwa tujuan Panji Beber buka stand ini di Gedung Koperasi ini adalah upaya mengenalkan keris kepada khalayak dan warga Kota Bontang.

“Pengunjung yang menghadiri Stand Panji Beber luar biasa, rata-rata menanyakan keris ini dijual berapa? Kami jelaskan bahwa keris-keris yang dipamerkan dalam etalase bukan untuk dijual tapi untuk ditunjukan kepada masyarakat bahwa di Bontang juga ada komunitas pelestari tosan aji Nusantara,” beber Rofii.

Dalam pembukaan Pelangi Expo tersebut dihadiri oleh Walikota Bontang Basri Rase, Dandim 0908 Bontang Letkol Priyo Handoyo, Amriadi (Ketua Kadin Bontang), Dwi Andriyani (Lurah Belimbing), Lukito (mewakili Polres Bontang), Yandi (mewakili Den Arhanud Rudal), Eko Satriya (Ketua Masata) dan Ramli (mewakili Dispopar) serta asosiasi seperti ASMAMI, BEK, dan undangan lainnya

BACA JUGA :  PKT Proaktif Dukung Pemkot Bontang, Pasang Wifi Gratis dan Perpustakaan Digital di Guntung dan Loktuan

Ketika mengunjungi stan Panji Beber, Basri Rase memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk Panji Beber. Disampaikannya, bahwa pusaka Nusantara sudah ada di Kota Bontang dan Panji Beber adalah tempat bernaung bagi para pelestari pusaka di Kota Bontang.

Bagi masyarakat Kota Bontang yang memiliki keris, tombak, pedang, Mandau, rencong, dan tosan aji lainnya dipersilahkan bergabung di wadah Panji Beber.

“Tahun 2023, saya memberikan mandat kepada Panji Beber untuk menggelar pagelaran 1.000 Pusaka di Kota Bontang, bekerjasama dengan PT Pupuk Kalimantan Timur. Tujuannya adalah sebagai sarana wisata budaya di Kota Bontang dan akan dimasukkan dalam Calendar of Event Kota Bontang,” tambahnya

Sementara Letkol Priyo Handoyo dan Begawan Ciptaning Mintaraga selaku Pembina Panji Beber, terlihat sibuk memberikan arahan kepada panitia agar pengunjung yang hadir di stan Panji Beber dapat merasa nyaman dan seperti keluarga sendiri.

“Selain kami siapkan sound dengan iringan musik-musik tradisional yang lembut, juga kami siapkan atribut Panji Beber seperti kaos, gelang dan Pin Keris. Panji Beber hadir di acara Pelangi Expo agar masyarakat mengetahui keberadaan para pelestari pusaka di Kota Bontang ini,” kata Priyo

BACA JUGA :  Bontang Dapat Jatah 1.800 Vaksin, Prioritas Nakes dan 10 Tokoh Masyarakat

“Bagi pengunjung stan Panji Beber yang ingin foto dengan memegang keris sudah kami siapkan photo booth, dan kami siapkan aneka keris untuk dijadikan pegangan. Lalu bagi pengunjung yang menginginkan informasi lebih dalam terkait tosan aji, telah kami siapkan satu set kursi guna melakukan diskusi lebih intens,” ungkap Begawan Ciptaning Mintaraga. (bcm/rls)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img