spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PABPDSI Diminta Perkuat Sinergitas dan Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

TANJUNG REDEB – Sekretaris Daerah (Sekda) Berau, Muhammad Said meminta kepada Pengurus Persatuan Anggota Badan Pemusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Berau untuk memperkuat peran dan fungsi badan perwakilan rakyat di tingkat desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan demokrasi lokal.

Itu disampaikannya pada saat menghadiri pelantikan PABPDSI Berau tahun 2023 di Balai Mufakat, Kecamatan Tanjung Redeb, Rabu (20/12/2023). Pengurus dari 100 kampung itu dilantik secara langsung oleh Ketua PABPDSI Kaltim Sukariyono.

Pelantikan tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan kerjasama antara PABPDSI dengan pemerintah pusat, daerah, dan desa, serta dengan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi para anggota PABPDSI untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan profesional, integritas, dan dedikasi tinggi.

Apalagi pelantikan itu juga merupakan lanjutan dan penutupan dari giat yang sebelumnya, dan tentunya diharapkan kepada Ketua PABPDSI Berau mampu memberikan motivasi dan dorongan kepada anggota-anggotanya seperti tagline yaitu Bersatu, Berjuang dan Bermartabat.

“Ikuti kaidah yang telah ditentukan dan bekerja sesuai dengan porsinya masing-masing agar bisa mencapai apa yang menjadi target saudara-saudara semua,” ungkap Said.

Selain itu, ada beberapa catatan yang perlu pihaknya sampaikan yang pertama dengan dilantiknya sebagai pengurus PABPDSI Berau karena Allah mentakdirkan karena bapak-ibu sekalian adalah orang yang baik yang bisa menjalankan amanah dan tidak semua mendapatkan amanah seperti ini.

“Sebanyak 556 orang BPK Se-Kabupaten Berau hanya sebagian yang dilantik. Maka laksanakan tugas ini sebaik mungkin karena organisasi ini adalah sebagai penyaluran aspirasi-aspirasi anggota dan berharap kedepan jangan sampai ada perpecahan yang dapat menimbulkan konflik kepentingan. Yang nantinya dapat menimbulkan dilematis pada pemerintah kita,” bebernya.

Said juga mengimbau agar jajaran untuk menjaga kekompakan antara ketua dengan anggotanya, karena keberhasilan saudara sekalian dalam menjalankan tugas dan fungsi dari PABPDSI itu sendiri merupakan sebuah prestasi tersendiri yang nanti bisa dibanggakan.

“Seperti yang kami sampaikan kemarin, bahwa BPK atau BPD mempunyai peran dan fungsi yang luar biasa yang di mana saudara-saudara mengontrol pemerintahan di daerah otonom di level Kampung. Jadi fungsi saudara secara organisasi dihimpun dalam satu organisasi akan tapi tetanggung jawab sesungguhnya semua ada di kampung itu,” tegasnya.

“Tanggung jawab sepenuhnya itu adalah mengontrol kepala kampung mensuarakan aspirasi Kampung serta menjadi filter di kampung. Dan saudaralah menjadi jembatan dalam penyelesaian masalah di kampung,” tandasnya.

Ketua PABPDSI Kaltim Sukariyono berharap bagi seluruh anggota yang telah dilantik untuk bersama-sama membesarkan nama PABPDSI di Kabupaten Berau. Serta bersinergi dengan pemerintah daerah dan pemerintah kampung untuk kemajuan bersama.

“Terima kasih dukungan dari 100 kampung yang hadir hari ini. Meskipun ada yang berhalangan hadir tapi mereka sudah melakukan kegiatan pelantikan ini sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (ADART),” jelasnya.

Pewarta: Amnil Izza
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img