spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ormas dan Paguyuban PPU Bentang Bendera Raksasa, Wujud Silaturahmi Antar-Komunitas

PENAJAM – Bendera merah-putih berukuran raksasa dibentangkan di Penajam Paser Utara (PPU) pada peringatan hari kemerdekaan RI tahun ini. Kegiatan ini diselenggarakan seluruh organisasi masyarakat (ormas) dan paguyuban se-PPU di Pantai Istana Amal Penajam, Kamis (18/08/2022).

Bendera dengan ukuran 17 X 8 meter itu dibentangkan oleh 32 pasukan pengibar bendera (paskibra) PPU. Sekira pukul 09.00 Wita, bendera dibentangkan dilanjutkan penghormatan dipimpin oleh Kapten Inf Martin Alwi selaku Danramil 0913-01/Penajam.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Kebangsaan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Agus Dahlan, diikut seluruh ormas dan paguyuban. Selain untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) Ke-77 RI, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar-komunitas masyarakat yang ada di PPU.

Sebagai bentuk kebersamaan dan kesatuan dalam masyarakat majemuk agar tercipta keharmonisan dan kerukunan. Sekaligus dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dalam rangka mendukung pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kegiatan ini sebagai bentuk kebersamaan dan persatuan dalam masyarakat majemuk agar tercipta keharmonisan, toleransi kerukunan dan perdamaian untuk mencapai tujuan nasional,” ucap panitia kegiatan, Margo Santoso.

Tak hanya berikrar, deklarasi yang dibacakan itu juga ditandatangani sebagai penegasan atas komitmen. Acara dilanjutkan penanaman pohon secara simbolis.

Plt Bupati PPU Hamdam Pongrewa yang turut hadir sangat mengapresiasi acara ini. Ia menilai pengibaran bendera raksasa
mengusung semangat positif, merangkul semua kalangan dan elemen masyarakat. Bersama-sama memperdalam wawasan kebangsaan, membangkitkan rasa nasionalisme, serta mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Melalui momentum ini, mari kita tanamkan dalam diri kita, keinginan kuat untuk membela bangsa dan negara kita, sehingga tidak akan mudah tergoyahkan oleh berbagai isu dan masalah yang menerjang,” ucapnya.

Kegiatan seperti ini, sambungnya, akan mengusung semangat positif karena merangkul semua kalangan dan elemen masyarakat untuk berkolaborasi.

“Atas nama pribadi maupun Pemkab PPU, kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara maupun pihak lainnya yang telah terlibat di dalamnya sehingga terlaksananya kegiatan ini,” tutup Hamdam. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img