spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Niaga Selatan Ikut Dibenahi, Andi Harun: Setelah Ditata Pasti Akan Ramai Kembali 

SAMARINDA –  Wali Kota Samarinda, Andi Harun sebut segmen Niaga Selatan akan segera dibenahi. Baik yang menghadap ke arah Niaga Utara dan juga yang menghadap ke Sungai Mahakam. Pembangunan tersebut akan dimulai pada 2024.

Andi Harun menyebutkan program ini akan mengatur beberapa kawasan termasuk beberapa toko atau bangunan yang akan diminta untuk mengembalikan fasadnya sesuai bangunan awalnya. Termasuk untuk membenahi saluran drainase dan juga median jalan agar terkoneksi dengan saluran Niaga Utara yang telah dibenahi.

“Tadi ada juga yang bangun pagar dan memakan kawasan parkir akan kami minta untuk buka, apalagi kanopi yang melewati parit juga akan diminta mengembalikan ke bentuk awal,” jelasnya.

Ia jelaskan program ini telah diusulkan untuk dijalankan pada 2024. Sehingga memerlukan tinjauan langsung agar tidak luput. Sementara pihaknya masih membiarkan beberapa toko yang membangun fasad melebihi parit. Nantinya, jika Niaga Utara mulai ditata maka akan merembet hingga ke Niaga Selatan.

“Perlahan ya, sementara kita biarkan dahulu,” terangnya.

Selanjutnya, Andi Harun jelaskan pihaknya yakin kawasan Citra Niaga akan ramai kembali seperti sebelumnya. Pihaknya juga telah menertibkan terkait dengan kepemilikan toko-toko di Citra Niaga. Sampai hari ini, pihaknya telah menarik 5 Hak Guna Bangunan (HGB) yang tidak taat dikarenakan menyewakan kembali ke orang lain.

“Yang boleh memindahkan hak hanya pemerintah, jadi tidak boleh disewakan kembali,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Samarinda, Desy Damayanti mengatakan anggaran yang diusulkan untuk revitalisasi segmen Citra Niaga terdapat beberapa bidang pengerjaan penataan kawasan. Terdapat anggaran Rp 7 miliar untuk perbaikan kawasan ruko, untuk sarana dan prasarana Rp 15 miliar, dan untuk penataan kawasan median jalan juga kabel tanam sebesar Rp 18 miliar. Semua anggaran tersebut telah diusulkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024.

“Sudah, sudah diusulkan semua di APBD 2024,” pungkasnya.

Pewarta: Nelly Agustina

Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img