spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

MTQ Kaltim Ke-43 Resmi Dibuka Gubernur, Mahulu Absen, Samarinda Target Juara

SAMARINDA  –  Gubernur Kaltim Isran Noor, resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-43 tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2022. Pembukaan berlangsung meriah, Senin (23/5) malam di panggung utama halaman parkir GOR Segiri, Samarinda. Sedikitnya sebanyak 847 peserta akan meramaikan pagelaran MTQ untuk memperebutkan juara.

Pembukaan MTQ Kaltim 2022 ditandai dengan pembacaan basmalah dan penabuhan beduk yang dirangkai kemeriahan pesta kembang api oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor didampingi Wali Kota Samarinda, Andi Harun, Wakil Wali Kota Rusmadi.

Gubernur Isran Noor dalam sambutan mengaku bersyukur pelaksanaan MTQ ke-43 tingkat Kaltim yang berlangsung di Kota Samarinda dapat terlaksana dalam kondisi normal.

Pelaksanaan MTQ sebelumnya digelar dalam kondisi pembatasan karena pandemi Covid-19. Dari 10 kabupaten kota di Kaltim, hanya 1 daerah tidak mengirimkan kafilah MTQ Kaltim 2022, yaitu Kabupaten Mahakam Ulu.

Penunjukan Samarinda sebagai tuan rumah MTQ ke-43 ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor. 451.14/K.231/2021.

Gubernur Isran Noor berharap bahwa MTQ bisa memberikan manfaat bagi umat Islam dan masyarakat pada umumnya. “Dengan terselenggaranya MTQ di Ibu Kota Kaltim, semoga terwujud Samarinda menjadi kota indah, jadi pusat peradaban bangsa,” ujar Gubernur Isran Noor.

BACA JUGA :  Budidayakan Olahraga dan Dorong Pariwisata Kaltim lewat Mahakam Run 2022

Dalam laporan, Wali Kota Samarinda, Andi Harun menyatakan, penyelenggaraan MTQ kali ini sebagai penyambung silaturahim antara peserta dan menumbuh kembangkan niat baca Alquran.

“MTQ ini bukan hanya untuk prestasi, tetapi untuk menggali nilai luhur yang terkandung dalam Alquran dalam melahirkan generasi Qur’ani yang berdaulat dalam menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Pembukaan MTQ ke-43 Tahun 2022 di Samarinda, Senin (23/5) malam. (Foto: Ist)

Harun mengaku tahun ini menjadi momentum yang lama dinantikan masyarakat. Lantaran menjadi tuan rumah dalam perhelatan MTQ tingkat Provinsi Kaltim tahun ini.

Bukan hanya sekedar ingin menjadi penyelenggar, ia juga memiliki harapan besar terhadap para kafilah Samarinda. “Target kami memang besar ingin menjadi juara umum,” sebutnya.

Harapan Wali Kota Andi Harun lainnya atas pelaksanaan MTQ di Samarinda juga dapat mendongkrak perekonomian daerah. Antara lain melalui transaksi jual beli usaha masyarakat yang berjualan di dekat panggung utama bisa mendapat keuntungan. “Ada dampak ekonominya, termasuk hotel dan transportasi,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun juga menyatakan, MTQ yang berlangsung hingga 29 Mei nanti menggunakan 10 lokasi untuk 9 cabang lomba. Sepuluh lokasi tersebut berdekatan dengan panggung utama di GOR Segiri.

BACA JUGA :  Jelang Akhir 2022, Dinas Kesehatan Kaltim Gelar Pelatihan Layanan Prima

Adapun venue yang digunakan dalam pelaksanaan MTQ Tahun 2022 yaitu:

  1. Lapangan GOR Segiri (Majelis 1)
  2. Mesjid Al Jihad MAN 2 (Majelis 2)
  3. Aula Gedung Kehutanan Prov. Kaltim (Majelis 3)
  4. Aula Perpustakaan Kota Samarinda (Majelis4)
  5. Dinas Sosial Prov. Kaltim (Majelis 5)
  6. PSBB MAN 2 Samarinda (Majelis 6)
  7. Aula Wira Yudha Korem 0901 ASN (Majelis 7)
  8. Gedung GOR Segiri Samarinda (Majelis 8)
  9. Balaikota Samarinda (Majelis 9)
  10. Pusat Pembelajaran MAN 2 Samarinda (Majelis 10)

Dalam pembukaan, tampil sejumlah pementasan. Antara lain, tarian persembahan ratoh jaroh, pembacaan ayat suci Alquran oleh Tubagus Syahroni, hingga aksi parade para kafilah dari sembilan kabupaten/kota se Kaltim. (adv/diskominfo kaltim)

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img