spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Monitoring Pilkades Serentak, Berjalan Kondusif dan Belum Ada Sanggahan

TENGGARONG – Sebanyak 86 desa dari 16 kecamatan di Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022. Total sebanyak 303 calon kepala desa (kades) yang bertarung pada Rabu (14/9/2022).

Wakil Bupati (Wabup) Kukar Rendi Solihin langsung turun tangan memantau pelaksanaan pemilu tingkat desa yakni di Kecamatan Tenggarong Seberang dan Loa Kulu. Orang nomor dua di Kukar tersebut memastikan pelaksanaan berlangsung dengan kondusif. Bahkan tingkat partisipasi pemilih mencapai 80-90 persen.

“Pilkades ini memang euforia-nya lebih besar sehingga partisipasi pemilih juga harapannya lebih besar,” ungkap Rendi Solihin pada awak media, Rabu (14/9/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Ariyanto menyebutkan, berdasarkan hasil monitoring sejak pencoblosan hingga penghitungan suara di beberapa desa dan kecamatan, disimpulkan berjalan lancar.

Bahkan ada beberapa desa yang memiliki jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sedikit sudah melaksanakan penghitungan.

“Tidak ada protes yang dilayangkan calon kades,” ujar Ariyanto saat dikonfirmasi.

Namun berdasarkan jadwal tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak 2022. Akan ada waktu yang dinamakan masa sanggah selama 3 hari kepada panitia pemilihan. Ketika panitia pemilihan tidak bisa menyelesaikan, maka akan diserahkan ke camat. Begitupun akan diselesaikan oleh bupati ketika camat tidak bisa menyelesaikan permasalahannya,  yang disampaikan calon kades dalam jangka waktu 30 hari.

Penyelesaiannya, jelas dia, melalui musyawarah, dengan mempertemukan pihak-pihak yang berselisih hingga mencapai kesepakatan. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img