spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Meski Program 1000 Titik WiFi Gratis Rampung, Diskominfo Berau Tambah 10 Titik Lagi

TANJUNG REDEB – Program 1000 titik WiFi gratis yang menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau sudah rampung pada tahun 2023 lalu. Akan tetapi, masih ada beberapa wilayah yang blank spot.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Berau, Didi Rahmadi mengungkapkan, agar wilayah blank spot dapat terjamah jaringan, pihaknya berencana melanjutkan program 1000 titik WiFi gratis tersebut pada tahun 2024 ini.

“Akan ada penambahan 10 titik WiFi lagi pada tahun ini yang akan dipasang di Kecamatan Kelay, di Kampung Long Laay dan Long Lamcin dan di Kecamatan Maratua,” paparnya, Sabtu (6/1/2023).

Dari data yang ada, Didi menyebut, saat ini sudah ada 1.003 titik WiFi yang dipasang di seluruh wilayah di Kabupaten Berau. Dengan anggaran sewa bandwidth WiFi sekisar Rp 9 miliar lebih kepada pihak ketiga.

Kecamatan Kelay dan Maratua, dijelaskan Didi dinilai memerlukan kekuatan sinyal lagi, karena area tersebut memiliki daya sinyal yang rendah. Sehingga harus menambahkan Vsat, guna mendukung jaringan internet.

“Selama ini menggunakan radio, tapi jaringan tidak kuat, dan akan diganti dengan Vsat,” ungkapnya.

Kelay ditambahnya, memang perlu perhatian khusus, karena kondisi geografis yang sulit. Karena itu pula, hingga kini Berau baru memiliki 47 BTS dengan luasan wilayah 36 ribuan kilometer.

“Di salah satu kabupaten di Jawa yang luasannya 5 ribu kilometer saja, ada sekitar 200 BTS. Sementara kita 50 BTS saja tidak sampai,” imbuh Didi.

Dia pun pada tahun ini berusaha melobi Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memasang 54 tower BTS di Berau. Jika itu bisa terealisasi, dirinya yakin tidak akan ada area blank spot lagi di Bumi Batiwakkal.

“Untuk Maratua, kan pusat wisata. Jadi akan ditambah jaringan, agar bisa menjangkau semua,” tuturnya.

Tidak hanya menambah WiFi gratis. Pihaknya juga berencana akan membangun lima unit videotron yang ditempatkan di area strategis. “Iya betul, ada tambahan juga untuk itu,” pungkasnya. (dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img