spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menuai Berkah dari Pandemi,  Kisah Widya Merintis Makanan Sehat “Healthybites”

SANGATTA- Berbekal kesadaran memulai pola hidup sehat, Widya Artika Sari mendirikan bisnis katering di Sangatta, Kutim sejak 2018 lalu. Seperti usaha mikro pada umumnya, bisnis Widya pun enggak langsung melesat.

Awalnya, Widya melihat peluang bisnis katering menjanjikan karena ia merasakan sendiri saat ingin menikmati makanan sehat, dirinya kesulitan menemukan pemasok di Sangatta.

Anak dari pasangan Handoko dan Hidayati ini mengambil peluang itu dengan menggandeng seorang temannya dan memulai jualan dengan brand up townhall.

“Sebelum healtybites saya kolaborasi dengan teman dan memulainya di wilayah townhall makanya ada nama townhallnya,” sebut Widya saat ditemui di outlet-nya di Ruko Makyuss Kabo, Rabu (29/6/2022).

Widya yang sempat bekerja di salah satu leasing memutuskan resign, karena ingin memajukan usaha yang sedang di rintisnya. Menurutnya, bekerja di leasing bukan passion-nya, apalagi latar belakang pendidikannya dari Jurusan Biolagi di Universitas Brawijaya.

“Kalau dihubungkan dengan latar belakang pendidikan, buka usaha makanan sehat ini justru pernah saya dapatkan. Jurusan biologi ‘kan luas, ada pelajaran tentang gizinya jadi minimal saya ada dasarnya,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Bupati Kutim Terima Award di Planet Tourism Indonesia 2022

Widya menyebutkan bisnis yang dijalani berawal dari jadi reseller produk sehat, akhirnya merambah ke dunia katering diet sehat. Mengenalkan produk yang dijual tak pernah lelah dia terus melakukan edukasi via broadcast WhatsApp, Instagram, sampai mengisi podcast tentang makanan sehat di kanal lokal.

“Akhirnya mulai banyak yang aware di 2019 buka Healthy Catering, catering khusus diet dan cold press juice masih sistem online. Di tahun itu jadi makin banyak produk dari cemilan-cemilan sehat seperti granola, healthy cookies, dried fruits, nuts, madu, healthy noodle dan catering diet,” tambahnya.

Kala pandemi melanda tahun 2020, katering diet makin banyak dicari dan akhirnya menambah produk baru veggie salad roll yaitu olahan salad sayur yang digulung dengan rice paper. Ternyata bisnisnya membawa berkah tersendiri karena sering dipesan untuk parcel Covid-19.

“Selain salad roll mix, rice bowl ayam panggang yang menjadi menu paling laris ditambah jus green detox,” sebutnya.

Bisnis yang dijalani semakin berkembang, hingga di tahun 2021 berani membuka outlet offline dengan brand “Healtybites” yang sudah mempekerjakan 3 karyawan yang awalnya dikerjakan semua sendiri.

BACA JUGA :  Pulau Miang Harus Jadi Destinasi Wisata Terkenal

“Alhamdulillah dengan support dari orang tua dan teman-teman, saya beranikan membuka outlet sendiri dan bisa mempekerjakan 3 karyawan,” jelasnya.

Wanita 28 tahun ini mengaku masih punya banyak mimpi, salah satunya ingin menjual produk dari petani lokal Sangatta, seperti beras merah dari petani lokal Kaubun yang sudah masuk di outletnya.

“Sejauh ini makanan kering (dried food) seperti almond, granola masih dari luar Sangatta, tapi beras dari Petani Kaubun sudah masuk, gula gait juga salah satu hasil produk lokal yang ada di outlet, saya pengen hasil lokal Sangatta lainnya bisa masuk di outlet saya,” katanya.

Menjalankan bisnis makanan sehat tidak selamanya mulus bahkan Widya harus terus belajar dalam menjalankan bisnisnya.

“Ilmu bisnis saya masih minim banget, saya masih terus belajar makanya sambil menjalankan bisnis juga bergabung dengan teman-teman yang bisa diajak sharing bisnis seperti dari TDA,” katanya.

Widya membagikan tips bisnis di antaranya niat konsisten, tekun, berdoa, berusaha dan yakin.

“Yang penting jangan mudah putus asa. Selain itu, saya punya tujuan bisnis ini bisa bermanfaat bagi orang lain. Mulai dari produk yang punya manfaat agar orang peduli tentang kesehatan, dan juga bermanfaat bagi orang di sekitar yang membutuhkan pekerjaan,” tandasnya. (ref)

BACA JUGA :  Disnakertrans Gagas Bursa Kerja Khusus, Sudirman: Solusi Serap Tenaga Lokal
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img