spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Meningkatkan Pendapatan Masyarakat, Litbang Kutim Bentuk Klaster Pariwisata

SANGATTA – Badan Pengembangan dan Penelitian (Litbang) Kutai Timur (Kutim) berencana membentuk klaster pariwisata Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Plt Sekretaris Balitbang Kutim Muhammad Yusuf Syah menjelaskan tujuan akan dibentuknya klaster pariwisata untuk menyatukan visi dan misi bersama, kolaborasi dan sinergi program antar pelaku pariwisata di Kutim dalam pengembangan sektor pariwisata.

“Kemudian untuk meningkatkan kunjungan wisata, baik lokal, regional, nasional maupun internasional guna meningkatkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah,” tambah Yusuf Syah saat dikonfirmasi, Selasa (15/11/2022).

Yusuf Syah mengatakan akan dibentuknya klaster pariwisata diharapkan dapat mengangkat klaster-klaster lainnya seperti halnya olahan pisang, batik, dan produk-produk UMKM lainnya.

Plt Sekretaris Balitbang Muhammad Yusuf Syah. (Ramlah/Media Kaltim)

Yusuf menambahkan untuk mengangkat tempat wisata, maka harus memiliki ikon yang bisa dijual dan harus menarik, serta harus mempunyai ciri khas berbeda dengan wisata lainnya. “Harus inovatif, kreatif dan produktif, serta harus berkelanjutan agar selalu terlihat menarik,” katanya.

Yusuf menyampaikan terkait potensi Wisata di Kutim. Ia mengatakan, saat ini di Kutim ada sekitar puluhan destinasi wisata, namun semuanya belum maju secara signifikan, maka dari itu dengan akan dibentuknya klaster pariwisata akan mendorong semua pihak untuk bersama-sama memajukan pariwisata di Kutim.

“Diharapkan klaster ini bisa menjadi klaster unggulan di Kutim, yang dapat mengangkat klaster-klaster lainnya,” tutupnya. (ref/ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img