Senin, Maret 8, 2021

Memilukan, Minggat dari Rumah karena Dilarang Kendarai Motor, Gadis 14 Tahun Ini Malah Disekap, Disiksa, Dicabuli, dan Dijual

BALIKPAPAN – Peraturan di dalam keluarga Arjuna –hanya nama samaran– sebenarnya sangat wajar. Kedua anak Arjuna yang masih sekolah dilarang mengendarai sepeda motor. Waktu bermain telepon pintar juga tidak boleh lebih dari pukul sepuluh malam. Kedua larangan tersebut diterapkan dengan sungguh-sungguh di rumahnya. “Jika anak melanggar, istri saya yang akan mengomel,” tutur Arjuna, 47 tahun, Senin, 22 Februari 2021.

Masalah kemudian muncul. Putri bungsu Arjuna, panggil saja Cinta, merasa terkekang dengan aturan tersebut. Gadis 14 tahun yang masih duduk di bangku SMP itu minggat dari rumah pada Agustus 2020. Cinta pergi dijemput seorang teman sekolah. Menurut kabar yang Arjuna terima, putrinya tinggal di rumah seorang kerabat di Balikpapan Tengah. Arjuna tidak terlampau khawatir. Setidaknya, Cinta masih bersama keluarga.

“Lagi pula, saya sibuk sekali waktu itu sehingga sering ke luar kota. Jadi, kami biarkan saja dia di sana,” sambung Arjuna. Yang tak pernah Arjuna tahu, Cinta segera melewati masa paling jahanam dalam hidupnya.

Sebermula pada Oktober 2020, Arjuna dikirimi sebuah tangkapan layar ponsel dari seorang teman. Di dalam foto itu, wajah Cinta terpampang dengan jelas di sebuah akun MiChat, sebuah aplikasi percakapan. Akun yang menampilkan foto Cinta tidak hanya satu. Di setiap status, akun-akun tersebut menawarkan jasa esek-esek.

Ayah mana yang tak terbakar hatinya melihat putrinya yang masih 14 tahun dipajang seperti barang dagangan. Arjuna segera mencari Cinta. Ia berpura-pura memesan jasa kepada sebuah akun yang memasang foto Cinta. Sebelum Arjuna berhasil membuat janji temu, akun-akun tersebut hilang. “Akunnya dihapus, mungkin sudah ketahuan,” tutur ayah dua anak tersebut. Arjuna pun terus mencari Cinta dengan segala cara namun tidak berhasil.

BACA JUGA :  Gilang Sabet Emas, Jadi Penyelamat Balikpapan di Kejuaraan Tenis Wali Kota Samarinda 2021

Tiga bulan telah berlalu ketika teleponnya berdering pada Januari 2021. Di ujung sambungan, seseorang mengabarkan bahwa Cinta berada di UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Balikpapan. Arjuna bergegas ke kantor UPTD di Jalan Kapten Piere Tendean, Kelurahan Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah.

“Sesampainya di sana, sudah ada putri saya, petugas dari PPA dan kepolisian, serta dua orang yang diduga menjual anak saya. Mereka berdua sekarang ditahan di Polda (Markas Kepolisian Daerah Kaltim),” terangnya.

Disekap, Disiksa, Dijual
Esti Santi Pratiwi adalah kepala UPTD PPA Balikpapan yang menerima Cinta di kantornya pada 21 Januari 2021. Sehari sebelumnya, terang perempuan berkerudung ini, kepolisian menangkap dua orang yang diduga menjual Cinta. Selaku korban, Cinta dibawa polisi ke UPTD PPA untuk mendapatkan perlindungan.

“Hari itu juga, kami memanggil keluarga korban,” kata Esti, Selasa, 23 Februari 2021. Pada mulanya, Cinta hendak dirawat di rumah aman UPTD PPA Balikpapan. Akan tetapi, sambung Esti, keluarga memastikan bisa merawat Cinta. “Jadi kami enggak memaksa,” ucapnya.

Dua orang yang diduga bagian dari kelompok yang menjual Cinta memaparkan seluruh peristiwa kepada Arjuna. Kisah itu lantas dituturkan ulang oleh Arjuna.

Lima bulan lampau, seperginya dari rumah, Cinta bertemu tiga laki-laki dan dua perempuan. Kelompok beranggotakan lima orang itu membawa Cinta ke sebuah guest house di Balikpapan Selatan. Di sanalah gadis muda itu tinggal, lebih tepatnya disekap. Empat dari lima orang tersebut memukul dan mencekik Cinta. Pada saat diamankan di UPTD PPA, menurut Arjuna, paha putrinya terluka karena ditusuk anak kunci rumah.

BACA JUGA :  Sopir Vendor Bank Bobol Uang ATM, Gelapkan Rp 286,95 Juta untuk Modifikasi Kendaraan

Siksaan itu hanya permulaan. Selain jarang diberi makan, masih menurut keterangan dua anggota kelompok kepada Arjuna, Cinta dicabuli. Yang melakukannya adalah seorang lelaki di kelompok tadi. Cinta kemudian diperdagangkan. Gadis itu dijual dengan paksa untuk melayani lelaki hidung belang.

BACA JUGA :  Sopir Vendor Bank Bobol Uang ATM, Gelapkan Rp 286,95 Juta untuk Modifikasi Kendaraan

Penyiksaan kepada Cinta rupanya menimbulkan simpati dari seorang perempuan dari kelompok tersebut. Perempuan muda itu, masih menurut Arjuna, menyembunyikan Cinta di rumah seorang teman di Balikpapan Utara. Sayangnya, Cinta hanya aman sebentar. Empat anggota kelompok tadi segera mengetahui persembunyian tersebut. Cinta pun kembali dibawa ke guest house.

“Perempuan yang membantu anak saya itu dimusuhi. Dia disuruh mengambil sabu-sabu di Kampung Baru dan tertangkap. Ya, semacam dijebak, lah,” kata Arjuna.

Kelompok itu tersisa empat orang, tiga laki-laki dan seorang perempuan. Cinta kembali disiksa di dalam penginapan. Satu-satunya perempuan di kelompok itu merasa iba. Sama seperti perempuan yang pertama, ia menyembunyikan Cinta di rumah orangtuanya di Balikpapan Barat. Akan tetapi, anggota kelompok yang lain kembali menemukan Cinta.

Kali ini, perempuan itu tidak tinggal diam. Tak ingin bernasib sama seperti perempuan yang pertama, ia menghubungi kepolisian. Aparat berwenang pun bergerak. Cinta bersama perempuan yang melapor dan seorang laki-laki dari kelompok tersebut diamankan. Cinta pun dibawa ke UPTD PPA Balikpapan. Dua anggota kelompok tadi dibawa ke Mapolda Kaltim.

Diusut Kepolisian Balikpapan
Arjuna yang mendengar seluruh pengakuan segera melaporkan kasus ini ke Kepolisian Resor Kota Balikpapan. Laporan diterima pada Kamis, 18 Februari 2021. Dari lima anggota kelompok, dua laki-laki masih bebas. Dua hari setelah melapor, Arjuna bersama sejumlah temannya menjemput seorang anggota kelompok di rumahnya di Balikpapan Selatan, Sabtu, 20 Februari 2021. Lelaki tersebut diserahkan ke Markas Polresta Balikpapan.

Dalam perjalanan ke kantor polisi, Arjuna sempat menanyai laki-laki tadi di dalam mobil. Percakapan itu ia rekam dalam video berdurasi 3 menit 38 detik. Kepada Arjuna, ia mengakui telah mencabuli, memukuli, dan mengambil uang Cinta dari hasil melayani hidung belang. Laki-laki itu juga mengaku mengonsumsi minuman keras dan sabu-sabu.

BACA JUGA :  Gilang Sabet Emas, Jadi Penyelamat Balikpapan di Kejuaraan Tenis Wali Kota Samarinda 2021

“Saya jual dia (Cinta). Saya ambil uangnya, dan satu kali saya paksa meniduri dia,” terang pemuda berusia 20 tahun tersebut.

Sampai hari ini, empat dari lima anggota kelompok yang diduga menjual anak di bawah umur itu sudah ditahan kepolisian. Arjuna berharap, pihak berwajib menangkap pelaku terakhir yang telah merusak masa remaja putrinya.

Kepala Polresta Balikpapan, Komisaris Besar Polisi Turmudi, membenarkan bahwa satu orang telah ditahan atas sangkaan mencabuli anak di bawah umur. Tersangka dijerat Undang-Undang Perlindungan Anak dengan ancaman di atas lima tahun penjara. Adapun anggota kelompok yang lain, tidak menutup kemungkinan diselidiki dalam dugaan perdagangan manusia.

“Yang jelas, penyelidikan terus berjalan dan masih dalam pengembangan,” jelas Kombespol Turmudi, Selasa, 23 Februari 2021. (kk)

Catatan redaksi:
Berita ini mengikuti Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) sebagaimana diatur Dewan Pers, sesuai Undang-Undang 11/2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Artikel dari kaltimkece.id, jaringan mediakaltim.com

CHANNEL MEDIA KALTIM
Video thumbnail
Baru Setahun, AHY Didongkel
00:36
Video thumbnail
Detik-detik Belah Perut Buaya Keluarkan Tubuh Bocah 8 Tahun di Bengalon
03:28
Video thumbnail
Kembali Hujan Lebat, Bontang Dikepung Banjir
00:52
Video thumbnail
Lagi, Kecelakaan Maut di Jalan Poros Samarinda Bontang, Pengemudi Tewas di Tempat
00:55
Video thumbnail
DKPP Copot Ketua KPU Kukar Buntut Tidak Jalankan Rekomendasi Bawaslu RI
01:19
Video thumbnail
Jelang Magrib, Kota Raja Membara
00:27
Video thumbnail
Pasca Kebakaran Pasar Loktuan Dini Hari, Beginilah Suasana Menyedihkan Rabu (10/2) Pagi Ini
02:52
Video thumbnail
Dini Hari, Kebakaran Hebat di Pasar Loktuan Bontang
02:13
Video thumbnail
BREAKING NEWS: Pasar Loktuan Terbakar Subuh Ini
00:40
Video thumbnail
Astaga, Fuso Angkut Tabung Elpiji Terguling di Poros Bontang-Samarinda, Begini Kejadiannya
01:11
Video thumbnail
Efektifkah Lockdown di Akhir Pekan? Begini Pendapat dokter Tirta dan Suasana di 2 Kota
03:14
Video thumbnail
Beginilah Suasana Bontang Hari Ini yang Menerapkan Kaltim Silent
02:27
Video thumbnail
Panic Buying di Pasar Thamrin dan Pasar Seng jelang Instruksi Kaltim Steril
01:32
Video thumbnail
Breaking News: Kecelakaan Maut di Simpang Bontang-Sanggatta, Sopir Tewas
00:34
Video thumbnail
Jelang Kaltim Steril, Warga Serbu Pasar
00:38
Video thumbnail
Jalan Tanah Datar Makin Hancur, Sopir: Jalan Poros Samarinda-Bontang Banyak yang Rusak
01:44
Video thumbnail
Kebakaran di Kecamatan Sebulu Kukar
00:18
Video thumbnail
Kapal Membawa 17 Penumpang Tenggelam di Mahulu, Begini Kejadiannya
00:31
Video thumbnail
TPI Tanjung Limau, Jadi Tempat Favorit 'Berburu' Ikan Segar
01:24
Video thumbnail
Kasus Covid Masih Tinggi, Sarana Olahraga di BSD Ditutup, Hanya untuk Jogging
01:01
Video thumbnail
Ketika Tenaga Kesehatan di Kutim Jalani Vaksinasi
01:19
Video thumbnail
Pelepasan terakhir Jenazah Thohari Azis oleh Istri, Keluarga dan Kerabat
02:45
Video thumbnail
Rusak Jalan Poros Bontang-Samarinda, Warga Mengeluh
00:34
Video thumbnail
Kondisi Terkini Tanah Datar Poros Bontang - Samarinda, Macet hingga 1 Km
00:40
Video thumbnail
BREAKING NEWS: Sidang MK, Dijaga Ketat, yang Ikut Sidang Wajib Tes Swab PCR
01:16
Video thumbnail
Vaksin diterima Satgas Gugus Covid Bontang dari Pemprov Kaltim
01:24
Video thumbnail
BREAKING NEWS: Truk Terjebak di Kubangan, Macet Panjang
01:00
Video thumbnail
Penyaluran Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel dari Warga Kaltim
02:46
Video thumbnail
Banjir Landa Kabupaten Banjar dan Tanah Laut, Tarparah dalam Sejarah, Ribuan Rumah Terdampak
01:40
Video thumbnail
Hari Kelima, Temukan Bangkai Kapal
00:25
Video thumbnail
Yusuf Mansyur: Syekh Ali Jaber Meninggal, Mohon Doanya
05:47
Video thumbnail
Wajah Suram Stadion Utama Palaran, Perbaikan Butuh Ratusan Miliar Lagi
01:37
Video thumbnail
Detik-Detik Ditemukannya FDR Black Box Sriwijaya Air SJ 182
02:51
Video thumbnail
Cuaca Buruk, Nelayan yang Hilang Belum Ditemukan
00:44
Video thumbnail
Pencarian Nelayan Hilang di Bontang, Sampai Senin (11/1/2021) Pagi Ini Belum Ditemukan
00:32
Video thumbnail
Hobi Mancing Keluarga Bawaslu
03:13
Video thumbnail
Detik-detik ditemukannya puing Pesawat Sriwijaya Air SJ182
00:32
Video thumbnail
Sisir Pulau Lancang dan Pulau Laki
00:48
Video thumbnail
Longsor dan Jalan Ambles di Loa Janan Km 6
00:37
Video thumbnail
Cerita Penjual CD/DVD yang Masih Bertahan di Kota Bontang
02:03
Video thumbnail
Apa pernah singgah di Musala Nurul Hidaya Poros Bontang-Samarinda, Beginilah cara Suparmin membangun
02:20
Video thumbnail
Selamat HUT Ke-33 Kaltim Post
00:54
Video thumbnail
Cara SDN 003 Bontang Utara Bagi Rapor di Tengah Pandemi Covid Pagi Ini...
01:24
Video thumbnail
Ingin Perjalanan ke Biduk-Biduk? Begini kondisi jalannya di tutup tahun 2020
02:15
Video thumbnail
Menikmati Sunset dan Pasir Putih di Lamin Guntur
02:18
Video thumbnail
Beginilah Cara Disdamkartan Mengevakuasi Buaya 2,5 Meter
00:28
Video thumbnail
Sensasi Pulau Kakaban, Kondisi Terkini
02:03
Video thumbnail
Labuan Cermin, Tetap Ramai Dikunjungi di Liburan Awal Tahun 2021
02:34
Video thumbnail
Pulau Derawan, wisata sehat di Akhir Tahun 2020
02:27
Video thumbnail
Terkini, Pelestarian Penyu di Pulau Sangalaki
01:49
Video thumbnail
Beginilah Kondisi Terkini Poros Jalan Bontang-Kutim-Berau, 28 Des 2020
01:45
Video thumbnail
Grand Opening Point Caffe Indomaret Simpang 3 Bontang
01:42
Video thumbnail
Kejar Target
01:14
Video thumbnail
Gara-gara Tegur Pedagang, Sekuriti Pasar Rawa Indah Dihajar Piring, Terekam CCTV
00:59
Video thumbnail
Jalan Putus di Wahau Sudah Bisa Dilintasi
00:56
Video thumbnail
Jalan Ambles di Muara Wahau, Tak Bisa Dilewati Kendaraan, Macet 3 Kilometer
01:07
Video thumbnail
Libatkan 50 Petugas, KPU Lakukan Pelipatan dan Penyortiran 126.916 Surat Suara
02:57
Video thumbnail
Ditangkap di Pelabuhan Badak LNG, Buaya 3 Meter Dievakuasi Disdamkartan
02:42
Video thumbnail
Jembatan Dondang Muara Jawa Retak, Diduga Ditabrak Tongkang Minggu Malam
00:50
Video thumbnail
Satu Media Online Dilaporkan ke Bawaslu
02:17
Video thumbnail
Debat Publik Calon Wali Kota Bontang, Neni – Joni Peserta Pertama yang Datang ke Lokasi Debat
01:19
Video thumbnail
LIBUR MAULID DI PANTAI AMAL PENAJAM PASER UTARA
03:22
Video thumbnail
PRIA GANTUNG DIRI GEGERKAN WARGA BONTANG
00:20
Video thumbnail
Debat Calon Wali Kota Bontang Ditunda ! Ini Alasan KPU
02:12
Video thumbnail
Gempa Dasyat dan Tsunami Kecil Guncang Turki, Dilaporkan Sudah 14 Orang Tewas
02:11
Video thumbnail
Persahabatan Ambo dengan Buaya Riska, Hidup Berdampingan selama 14 Tahun
02:58
Video thumbnail
Pulau Gusung Tenggelam, Warga Ketakutan
01:26
Video thumbnail
Proyek 2 Tahun Lalu, Masjid Terapung di Bontang Kuala Kian Mencuat
02:56
Video thumbnail
Rawan kebakaran, Jalan Masuk Bontang Kuala akan Dicor
02:12
Video thumbnail
Tolak Omnibus Law, Ratusan Massa Duduki Kantor DPRD Bontang
01:39
Video thumbnail
Bersembunyi di Lantai Rumah, Piton Sepanjang 2 Meter Ditangkap Disdamkartan
01:11
Video thumbnail
Diiringi Hujan Gerimis, Basri- Najirah Daftar Ulang Gantikan Alm Adi Darma
01:20
Video thumbnail
Pernyataan Lengkap Ketua Tim Pemenangan Rekomendasikan Istri Adi Darma Jadi Calon Wawali Bontang
03:00
Video thumbnail
Rektor Unmul Nyatakan Sudah Sembuh dari Covid
02:12
Video thumbnail
Adi Darma Meninggal setelah Jalani Perawatan 8 Hari di RSUD Taman Husada
02:56
Video thumbnail
Perkembangan Kasus Covid 28 September 2020. Pjs Walikota Bontang Riza Indra Riadi ikut hadir
01:53
Video thumbnail
Satgas Resmi Umumkan Adi Darma, Calon Wali kota Bontang Positif Covid 19
02:14
Video thumbnail
Kecelakaan di Bundaran Sintuk Bontang, Ini Detik-Detik Tabrakan Dua Mobil Agya..
01:03
Video thumbnail
Penangkapan Buaya 3 Meter yang Serang Bocah di Loktuan Bontang
00:44
Video thumbnail
Plafon Pasar Tamrin Disebut Ambruk Lagi, Ternyata Sengaja Diruntuhkan
01:31
Video thumbnail
Adi Darma Diwakilkan, Dapat Nomor 1 Basri Sebut Keberuntungan, Nomor 2 Bagi Neni Dua Periode
01:49
Video thumbnail
Berebut Nomor, Adi-Basri Nomor 1, Neni-Joni Nomor 2
02:15

PEMASANGAN IKLAN : 0811-5405-033

BERITA POPULER