spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Membanggakan, Mahasiswa Unmul Juara Nasional di Ajang Mining Competition Minespace V

SAMARINDA – Menjadi satu-satunya delegasi Perguruan Tinggi dari pulau Kalimantan dalam kegiatan Mining Competition Minespace V, enam mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman (Unmul), yang tergabung dalam satu tim berhasil merengkuh Juara 2 Umum Nasional kompetisi Mining Engineering Student Parade And Competition (Minespace) V.

Tim yang bernama ‘Lakantine’ itu, diketahui dinobatkan sebagai juara 2 umum setelah berhasil menyabet juara di 6 kategori lomba, yakni Juara 1 Hand Mucking, Juara 1 Joint Measuring , Juara 2 Panning, Juara 2 Water Quality Analysis, Juara 3 Mineplan serta Juara 3 Written Test.

Epiphania, selaku Manajer Tim mengatakan, dirinya bersama Mushawir sebagai Kapten, kemudian adapula Dimas Choirul Umam, Rizki Rahmat, Irvan Erika Pangestu, serta Pakomius Dudeng Lagamaking sebagai Anggota, penyelenggaraan Minespace V berlangsung di Universitas Hasanuddin, Makassar, pada 13-16 Mei 2022, pekan lalu.

“Indikator penilaian di kompetisi ini ada pada kerjasama, pengetahuan, ilmu praktek dan kedisiplinan. Untuk persiapannya, kami berlatih sejak kurun waktu tiga bulan. Mulai dari Februari sampe April. Kami berlatih setiap minggu, untuk satu bulan terakhir di bulan April kami berlatih setiap hari,” jelasnya kepada Humas Unmul.

Selain dari sisi teori, mahasiswi angkatan 2018 ini juga menguraikan, membangun chemistry pun juga dengan persiapan mental telah dilalui sebagai bekal utama sebelum berangkat. Begitupula diakuinya dengan menyusun strategi di setiap lomba sehingga menghasilkan kerja efektif.

Cabang lombanya  ada 9 cabang lomba. Yakni, ada Written Test, Hand Mucking, Mineplan, Joint Measuring, Rock Id, Mine Evacuation Rescue, Geolistrik, Water Quality Analysis, dan Panning.

“Untuk cabang lomba Mine Rescue kami berlatih di luar bersama KSR Unmul, untuk cabang lomba lainnya kami berlatih di Fakultas Teknik,” sebutnya.

“Tantangan terberat kami di keterbatasan alat untuk beberapa lomba contohnya alat TSS di Water Quality Analysis, tapi Alhamdullilah kami tetap bisa mendapatkan juara di cabang lomba tersebut,” kenang Phania sapaan akrabnya.

Ditanya mengenai dukungan pihak kampus, dukungan dalam bentuk pelatihan dan memberikan fasilitas terkait persiapan telah dilakukan, disampaikan Phania kontribusi pihak kampus cukup banyak.

“Kami mendapat support pada saat training, diberikan fasilitas dan pelatihan dari dosen. Harapannya, semoga kedepannya adik adik junior khususnya Prodi Tambang Fakultas Teknik bisa melanjutkan prestasi dan mengharumkan nama Unmul di kancah nasional, kalau bisa sampai internasional,” sebutnya.

Mewakili rekan-rekan lainnya, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu mulai dari persiapan sampai pada mendapatkan juara ini. “Terima kasih banyak kepada pihak kampus, bapak ibu dosen, dan  khususnya ibu Kaprodi kami, ibu Dr. Ir. Hj. Revia Oktaviani, ST., MT yang selalu mensupport kami,” katanya dalam pesan singkat berbasis aplikasi.

Ditemui di ruang kerjanya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unmul, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin., MP mengapresiasi capaian mahasiswa di tahun 2022 ini. “Kami sangat bangga dimana para mahasiswa ini secara tidak langsung membawa visi Rektor untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi di ajang nasional dan internasional,” tuturnya.

Selain berpartisipasi dan berprestasi di kompetisi mahasiswa tingkat nasional, dirinya meyakini Tim ini telah mendapatkan softskill yang berarti lengkap dengan segala sesuatu yang dapat merubah attitude seseorang.

“Mereka telah mendapatkan hal-hal positif dari ajang ini, salah satunya tentu membangun jejaring, kerjasama kemudian kedisiplinan. Bagi mahasiswa peserta, ajang ini sekaligus turut mengimplementasikan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan telah melakukan studi independen,” serunya.

“Saya berharap dari Prodi terkait bisa mengadminstrasikan dari sisi akademik kegiatan yang telah dilakukan ini. Karena sudah barang tentu mereka telah melakukan berbagai studi sebelum mengikuti ajang ini. Dan berpeluang mendapatkan penghargaan,” harapnya.

Pesan agar dapat menjaga semangat dan konsistensi dalam meraih prestasi tidak lepas dari hal penting yang diutarakan pejabat universitas yang akrab disapa WR 3 ini. Selain itu, dirinya juga mengajak mahasiswa terkait untuk menularkan semangat tersebut kepada para rekan mahasiswa dan lingkungannya.

Akademisi dari Fakultas Pertanian Unmul itu mengungkapkan harapan kepada ribuan mahasiswa aktif di Unmul agar dapat mencari serta mengikuti ajang-ajang kompetisi dan menorehkan prestasi sesuai bidang, minat dan kompetisi masing-masing.

“Meski begitu, setiap mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi sebaiknya melapor atau konfirmasi terlebih dahulu kepada Dekan di Fakultas agar prestasi yang digapai bisa diakui atau dipertanggung jawabkan. Berilah teladan dan energi positif bagi sekitar,” pesannya.

Bertema “Participation of the Indonesian Mining Industry in Supporting National Development through Hilirization,” Minespace merupakan perlombaan nasional antar Program Studi Teknik Pertambangan seluruh Indonesia yang diselenggarkan oleh Departemen Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Hasannudin dan diikuti oleh enam Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia yaitu UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Hasanuddin, Universitas Jambi, Universitas Haluoleo, dan Universitas Muslim Indonesia. (mk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Detik-detik Pensiunan Karyawan PKT Meninggal saat Salat Subuh Berjamaah di Masjid Fathul Khoir Bontang

0
BONTANG – H Nonot Sulistiyo Budi S, pensiunan karyawan PT Pupuk Kaltim (PKT) meninggal dunia saat melaksanakan Salat Subuh berjamaah di Masjid Fathul Khoir...

Ini Alasan Wanita di Makassar yang Simpan 7 Jasad Janin Hasil Aborsi

0
MAKASSAR - Sejumlah fakta terkuak pasca polisi melakukan penangkapan terhadap seorang wanita berinisial NM di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). NM ditangkap atas kasus aborsi...