spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Markdata Rilis Hasil Survei, Irwan, Rudy Masud, dan AFI Raih Elektabilitas Tertinggi

SAMARINDA – Salah satu lembaga survei, Markdata, merilis hasil survei pergeseran peta elektoral Calon Legislatif (Caleg) menjelang Pemilihan Umum 2024.

Survei dilakukan pada tanggal 26 April hingga 3 Mei 2023 dengan melibatkan 800 responden. Survei tersebut merupakan simulasi jika Pemilu 2024 dilaksanakan saat ini. “Metode sampel yang digunakan dalam survei ini adalah metode multistage random sampling, dengan margin of error sebesar +/- 3.5% pada tingkat kepercayaan 95%,” terang Founder dan CEO Markdata, Faisal Arief Kamil, saat melakukan press release.

“Wawancara tatap muka dilakukan oleh surveyor yang merupakan mahasiswa yang telah mendapatkan pelatihan survei dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Wawancara dilakukan mulai tanggal 26 April hingga 3 Mei 2023,” lanjutnya pada Selasa (23/5/2023).

Dalam simulasi elektabilitas Caleg inkamben, Irwan yang merupakan Ketua DPD Demokrat Kaltim mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan persentase 27%. Diikuti oleh Ketua DPD Golkar Kaltim, Rudy Mas’ud, dengan persentase 18% dan Awang Faroek Ishak dengan persentase 15%. Sementara itu, Hetifah Sjaifudian meraih 6%, Safaruddin 4%, G. Budisatrio sebesar 3%, Aus Hidayat Nur 2%, dan Ismail Thomas 1%.

BACA JUGA :  Pesan Narkoba dari Napi Lapas Narkotika Samarinda, Dua Pengedar Sabu di Bontang Ditangkap Polisi

Dari segi popularitas, Irwan juga menduduki posisi pertama sebagai Caleg DPR RI yang paling populer di Dapil Kaltim dengan total popularitas sebesar 66%. Disusul oleh Awang Faroek Ishak dengan 65% dan Rudy Mas’ud dengan 63%.

Dalam kategori top of mind (TOM), Irwan juga menduduki posisi pertama dengan persentase 23%, diikuti oleh Rudy Mas’ud dengan 15% dan Awang Faroek Ishak dengan persentase 11%.

“Nama-nama ini sudah kita saring dari berbagai media. Survei dilakukan sebelum pendaftaran di KPU. Nama-nama yang muncul di beberapa baliho juga kita uji, dan inilah hasilnya untuk popularitas,” jelasnya.

Dalam kategori tingkat kepuasan terhadap Anggota DPR RI incumbent, mantan Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, mendapatkan persentase tertinggi sebesar 55%. Diikuti oleh Irwan dengan 47% dan Rudy Masud dengan 42%. (eky)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img