spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Manfaat Stimulasi pada Anak di Masa Golden Age


SAMARINDA – Periode emas anak merupakan masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak secara fisik dan psikis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dr Jaya Mualimin mengatakan, golden age adalah periode ketika anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat.

“Di masa ini anak memerlukan banyak stimulasi agar pertumbuhan dan perkembangannya bisa optimal. Orang tua juga perlu memastikan anak berada dalam proses tumbuh kembang yang baik, yakni dari usia 1-2 tahun,” jelas Jaya, Rabu (15/11/2023).

Menurut Jaya, nutrisi selama 1000 hari pertama kehidupan merupakan faktor yang sangat penting untuk perkembangan syaraf serta kesehatan mental anak seumur hidupnya. Hal ini sesuai dengan jurnal American Academy of Pediatrics.

“Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 Provinsi Kaltim memperlihatkan terjadinya peningkatan masalah gizi dimana prevalensi balita stunting menjadi 23,9 persen, prevalensi balita wasting menjadi sebesar 9,1 persen, dan prevalensi balita underweight sebesar 20,4 persen,” bebernya.

Jaya juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan kualitas gizi anak, khususnya periode emas anak, dengan memberikan asupan gizi yang seimbang, memberikan ASI eksklusif, dan memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan usia anak.

Terakhir,  perkembangan masalah gizi di Indonesia semakin kompleks saat ini, selain masih menghadapi masalah kekurangan gizi, kelebihan gizi juga menjadi persoalan yang harus ditangani dengan serius. (ADV/nta)

Pewarta : Ernita
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img