spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Malam Mencekam di Balikpapan, Si Jago Merah Membakar Rumah Warga di Kalurahan Damai

BALIKPAPAN – Musibah kebakaran terjadi di Kota Balikpapan, tepatnya di kawasan Jalan MT Haryono RT 4 Kelurahan Damai, Balikpapan Kota pada Rabu (4/10/2023) sekitar pukul 00.45 WITA.

Mulyadi (43), warga setempat, mengatakan bahwa dia mengetahui adanya kebakaran itu setelah mendengar teriakan sejumlah warga dari belakang rumahnya.

“Saya pas mau tidur, tiba-tiba denger orang-orang itu teriak. Jam 12-an lewat itu,” ujarnya.

Api hanya berjarak dua rumah dari tempat tinggalnya, sehingga Mulyadi langsung membangunkan anak dan istrinya serta menyelamatkan sejumlah barang berharga.

“Langsung anak istri dulu yang saya selamatkan. Itu bangunan disamping punya saya, baru saya renovasi kena sedikit,” jelasnya.

Petugas pemadam sempat mengalami kendala, hal ini karena kesulitan menuju titik api, mengingat lokasi rumah yang tepat berada di tengah pemukiman yang padat dan menanjak.

Kepala UPT BPBD wilayah Timur, Ridwan, mengatakan bahwa medan yang menanjak serta akses jalan yang sempit menjadikan petugas harus berusaha mencari jalan lain dan memutar.

“Kondisi cukup sulit, karena tadinya di belakang sini agak naik, menyulitkan petugas untuk bisa ke TKP,” ujar Ridwan.

Kebakaran yang terjadi di RT 4 Kelurahan Damai, Balikpapan Kota pada Rabu (4/10) sekitar pukul 00.45 WITA.

Dari kawasan itu, petugas hanya bisa sampai di parkiran rumah makan, kemudian membentangkan selang melewati tanah urukan sekitar satu meter.

“Kemudian jalan yang ada, di samping Hotel Zurich yang tembus Gang Mufakat, itu nggak bisa dilewati kendaraan besar, cuma bisa kendaraan kecil, itupun nggak bisa sampe masuk jauh kedalam,” jelasnya.

Api baru bisa dikuasai satu jam kemudian setelah hampir seluruh unit yang dibantu oleh SAR Brimob dengan watercanonnya dikerahkan untuk menuju ke titik api.

“Untuk laporan awal kami kurang tahu persis sebab setelah laporan masuk langsung menuju ke TKP, dan kami bisa kuasai keadaan sekitar pukul 01.30 WITA,” tambah Ridwan.

Hingga api berhasil dipadamkan, belum ada informasi resmi mengenai total rumah yang terbakar, namun berdasarkan pantauan media ini, terdapat tiga rumah yang terbakar. (Bom)

Penulis: Aprianto
Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img