spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Makmur Pastikan Kelanjutan Pembangunan Lapas Penajam

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun memastikan kelanjutan pembangunan Lembaga Permasyarakatan (Lapas). Sekaligus menjadi dukungan infrastruktur penunjang Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) telah meminta agar Lembaga Permasyarakatan (Lapas) bertaraf internasional dibangun di kabupaten PPU, karena daerah ini merupakan bagian penyangga utama wilayah IKN,” ujarnya, Kamis (5/10/2023).

Pemkab PPU juga telah berkoordinasi dengan Kepala Kantor Wilayah (Kakannwil) Kemenkumham Kaltim, Gun Gun Gunawan. Terkait kejelasan pembangunan Lapas yang berada di Kilometer 4,5 Kelurahan Nenang itu.

“Mengapa Menkumham minta pembangunan lapas bertaraf internasional ada di sini, ya karena Kabupaten PPU merupakan penyangga utama IKN. Sehingga fasilitas di daerahnya memang harus premium atau diatas rata-rata dari kabupaten/kota lainnya di indonesia,” jelas Makmur.

Sekadar informasi, kelanjutan pembangunan lapas ini telah direncanakan dibangun sejak 2008 sesuai kesepakatan. Namun, pandemi Covid-19 dan defisit membuat pembangunannya belum dapat dilanjutkan.

“Nah setelah menjabat sebagai Bupati PPU, Saya coba melihat apa saja yang urgent untuk dilaksanakan di daerah ini. Salah satunya adalah pembangunan lapas karena ternyata warga Saya yang tengah menjalani putusan hukum tetap (inkrach) selama ini masih dititipkan di Kabupaten Paser yang jaraknya lebih kurang 145 kilometer dari PPU,” bebernya.

Pj Bupati PPU Makmur Marbun bersama jajaran Kakanwil Kemenkumham Kaltim di lokasi pembangunan lapas. (Robbi/MediaKaltimGroup)

Sementara Kakannwil Hukum dan HAM Kaltim, Gun Gun Gunawan akan memastikan masalah tertundanya pembangunan. Apalagi di lokasi terh berdiri dinding sepanjang 145 meter ini.

“Karena di sini sudah ada tembok kelilingnya. Saya sudah cek lagi ternyata tahun ini anggarannya juga ada masuk, termasuk ada dua gedung klinik dan dapur, jadi kesananya mudah-mudahan tahun berikutnya sudah masuk ke program nasional sehingga pembangunan Lapas ini segera terealisasi,” bebernya.

Ia juga mengatakan bahwa dengan adanya pembangunan Lapas di PPU, pelayanan publik khususnya bagi masyarakat dapat semakin mudah. Karena tidak lagi kesusahan harus menjenguk keluarganya yang berada di Kabupaten Paser.

Hal itu juga untuk memperlancar proses peradilan yang ada di Kabupaten PPU. “Kepada Bapak Bupati PPU kami mohon dukungannya. Jadi masyarakat sudah welcome di PPU ada Lapas untuk tujuan yang baik dan kita sudah siap untuk mendukung penuh,” tutup Gunawan. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img