spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Majukan Pariwisata, Pemkab Kutim Gelontorkan Rp 6 Miliar

SANGATTA– Pariwisata menjadi sektor yang merasakan dampak terberat selama dua tahun pandemi Covid-19 berlangsung. Pemulihannya pun tapi tak bisa langsung tapi secara bertahap.

Terkait hal ini, Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang menyebut, pemerintah Kutim telah menyiapkan berbagai kebijakan untuk mendukung bangkitnya industri pariwisata di Kutim, termasuk menggelontorkan anggaran sebesar Rp 6 miliar.

“Pemerintah telah memberikan anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk menunjang kegiatan pariwisata salah satunya yang ada di Pulau Miang,” jelas Kasmidi,  ditemui usai membuka Pemilihan Duta Budaya, Kamis (23/6/2022).

Orang nomor dua di Kutim itu menyebutkan, pariwisata dapat menjadi sektor unggulan sehingga memberikan dampak ekonomi terhadap PAD Kutim.

“Meskipun belum menjadi sektor unggulan namun pariwisata merupakan sektor prospektif untuk dikembangkan, didukung untuk pembangunan perekonomian kedepannya,” jelasnya.

Adapun strategi pengembangan ke depan difokuskan pada peningkatan keunikan Kutim sebagai destinasi wisata melalui pengembangan kawasan wisata berbasis partisipasi masyarakat, pembinaan masyarakat yang sadar wisata, diversifikasi produk wisata yang bisa menjadi ciri khas daerah dibanding daerah lainnya. Menumbuhkan gerakan sadar wisata seperti tradisi mudik atau pulang kampung untuk melestarikan budaya lokal sebagai keunikan wisata dan peningkatan promosi dan publikasi.

BACA JUGA :  Ingin Inden Corolla Cross? Silahkan Datang ke Auto2000 Sangatta, DP Rp 15 Juta

Tak luput, Kasmidi  turut mengajak seluruh pelaku industri pariwisata untuk memperkuat kerja sama lintas sektor demi mempercepat proses pemulihan ekonomi.

“Saya mengajak kita semua untuk memperkuat kerja sama lintas sektor agar bisa mempercepat pemulihan ekonomi terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” tandasnya. (ref)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img