spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mahasiswi FKIP Unmul Sabet Juara 1 Video Kreatif Tiktok Tingkat Kaltim


SAMARINDA – Tampak sekali dari rawut wajah Mujahadah, salah seorang Mahasiswi FKIP Universitas Mulawarman (Unmul) ini senang bercampur bangga. Mungkin ini adalah momen yang tidak akan terlupakan karena pada Sabtu (9/9/2023), namanya disebut sebagai pemenang  Juara 1 Video Kreatif Tiktok tingkat Kaltim dengan Tema “Kaltim Gemar Membaca”.

“Alhamdulillah sekali ini, benar-benar gak nyangka,” ucap gadis berhijab ini saat ditemui di Aula Kantor Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (BPKD) Kalimantan Timur (Kaltim).

Untuk mencapai titik ini, Mujahadah harus melewati tahap penyeleksian 60 video dari para peserta konten kreator Tiktok lain yang tersebar di Kaltim, hingga lolos bersama lima orang peserta lainnya untuk mempersentasikan dan diwawancarai terkait video yang telah dibuatnya.

“Kita berenam di sini, pastinya sudah yang terbaik. Karena mampu masuk 6 besar dari  60 peserta sebelumnya. Sebenarnya semuanya terbaik,” akunya merendah.

Video berdurasi 60 detik dari akun Tiktok pribadinya @Mujaa125, Mujahadah menceritakan konsep videonya yang didaftarkan pada lomba Video Kreatif Tiktok dengan tema “Kaltim gemar membaca” itu.

“Dalam video saya ini, saya mengajak para kaum muda untuk yuk, ramaikan Perpustakaan yang sudah disediakan oleh pemerintah. Karena semuanya di sini gratis, dari fasilitas, buku, WiFi, laptop dan ruangan yang ber-AC . Jadi ayo anak muda manfaatkan fasilitas ini untuk mengembangkan diri kita,” ungkap gadis asal Desa Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara ini.

Dia berharap di tahun-tahun berikutnya gelaran lomba seperti ini terus digencarkan agar bisa menarik minat pembaca generasi milenial dan generasi  Z di Kaltim.

“Ini lomba yang pertama ya di DPKD Kaltim?, Kita berharap semoga terus dikembangkan dan diadakan setiap tahun, agar semakin banyak konten kreator mengajak generasi muda untuk gemar membaca,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (BP3KM) DPKD Kaltim, Taufik kepada MediaKaltim.com, mengatakan Lomba Video Kreatif Tiktok, dipilih karena pengguna media sosial Tiktok sangat banyak digunakan oleh kaum muda Indonesia.

“Jumlah pengguna Tiktok itukan banyak, maka itu melalui media Tiktok ini kami ingin mengajak kaum muda untuk mempromosikan budaya gemar membaca di kalangan anak muda,” ucapnya.

Dan para pemenang Video Kreatif ini, diharapkan Taufik, bisa menjadi sarana bagi DPKD Kaltim untuk mengkampanyekan perpustakaan.

“Tentunya tidak selesai di sini, enam potensial yang sudah terpilih hari ini, mereka akan kami rekrut untuk membantu kami mengkampanyekan perpustakaan, agar banyak meningkatkan budaya gemar membaca di kalangan anak muda,” tutupnya. (adv)

Pewarta : Hanafi
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img