spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lomba Asah Terampil DTPHP Kutim, Tingkatkan Pengetahuan Petani

BENGALON – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, mengucapkan syukur karena Lomba Asah Terampil bagi kelompok tani kembali digelar tahun ini dengan sistem per zona oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kutim.

Kali ini, dimulai dengan zona satu yang diikuti oleh lima kecamatan, yaitu Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung, dan Bengalon.

“Lomba ini menjadi pemicu semangat para petani. Dengan pengetahuan yang ada, mereka bisa mengasah pengetahuannya agar lebih terampil sehingga meningkatkan ilmu yang mereka miliki,” kata Ardiansyah Sulaiman usai membuka Lomba Asah Terampil yang digelar di halaman Kantor Camat Bengalon, Jumat (16/9/2023) sore.

Di sisi lain, lanjut Ardiansyah, dengan lomba ini, pemerintah terus memberikan dorongan semangat bagi petani. Dia berharap ke depannya akan ada lebih banyak sumber daya manusia (SDM) yang ingin menjadi petani.

“Pemerintah ingin terus meningkatkan produktivitas petani dengan menyiapkan lahan yang tidur, agar digarap dan dihidupkan kembali. Semoga para petani bisa terus meningkatkan hasil produksinya sebagai penyangga ketahanan pangan,” ucap orang nomor satu di Pemkab Kutim itu.

BACA JUGA :  Workshop BPKAD Kutim, Satu Tekad Menuju Good Governance dan Pertahankan Opini WTP

Ia menambahkan bahwa Lomba Asah Terampil ini sebenarnya sudah menjadi agenda rutin di Kutim. Namun, dikarenakan pandemi COVID-19, acara ini sempat tertunda, dan hari ini digelar kembali dengan sistem per zona.

“Terakhir digelar pada 2018, mudah-mudahan zona berikutnya lebih meriah dan tahun depan lebih semarak dengan menampilkan hasil turunan produk UMKM lokal,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala DTPHP Kutim, Dyah Ratnaningrum, mengatakan bahwa lomba ini terakhir dihelat pada 2018 lalu, untuk itu pihaknya kembali membangkitkan agar menjadi ajang bergengsi bagi para petani, PPL, dan semua pihak yang terlibat. Sekaligus juga ajang perekat tali silaturahmi dan saling bertukar informasi terkait perkembangan dunia pertanian.

“Rencananya digelar kembali setiap tahun dengan sistem per zona. Untuk hari ini, zona satu meliputi lima kecamatan, tuan rumah Bengalon. Selasa depan, dihelat kembali di zona 2 dengan lima kecamatan pesisir Kutim, yakni Sangkulirang, Kaliorang, Karangan, Sandaran, dan Kaubun sebagai tuan rumah,” urainya.

Dyah menjelaskan bahwa ini menjadi roadshow setiap pekan hingga satu minggu sebelum hari jadi Kutim pada Oktober. Para pemenang di setiap zona akan bertanding kembali sebagai ajang final di Ibu Kota Kutim. Para pemenang ini akan diberikan hadiah yang cukup besar. Perlombaan ini mendatangkan juri dari BPSDM Kaltim, Dinas Perkebunan, dan DTPHP Kutim juga.

BACA JUGA :  Bazar Ramadan di 3 Kecamatan, TP PKK Kutim Bantu Perekonomian Masyarakat

“Lomba ini juga sebagai ajang promosi bagi teman-teman pelaku UMKM yang berhubungan dengan produk pertanian,” jelasnya.

Akhirnya, Lomba Asah Terampil zona satu untuk tingkat petani dimenangkan oleh tim petani dari Kecamatan Bengalon, berada di posisi dua dari Sangatta Selatan, dan peringkat ketiga diraih oleh tim dari Teluk Pandan. Tampak hadir menyaksikan Ketua TP-PKK Kutim, Siti Robiah, Wakil Ketua II DPRD, Arfan, Camat Bengalon, Suharman, Plt Asisten Admin, Didi Herdiansyah, Plt Kadisperindag, Andi Nurhadi Putra, para PPL, perwakilan stakeholder, unsur muspika, dan undangan lainnya. (Rkt)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img