Sabtu, Mei 15, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lebaran, Tempat Wisata Tutup, Kepastian Salat Id Diumumkan di Hari Akhir Ramadan 

BALIKPAPAN – Kasus Covid-19 di Kota Minyak, Balikpapan diklaim menurun. Akan tetapi, Pemkot Balikpapan belum berani memberi lampu hijau untuk kegiatan kerumunan. Termasuk pelaksanaan Salat Idulfitri 1442 Hijriah yang tinggal dua pekan lagi.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, menyebut bahwa kasus Covid-19 di Kota Minyak pada April ini menurun dibanding bulan-bulan sebelumnya. Saat ini, rerata kasus per hari dikisaran puluhan pasien. Sedangkan beberapa bulan lalu kasus pernah melebihi 100. Jika ada kenaikan, jumlahnya dipastikan tidak signifikan.

Kendati demikian, Rizal belum bisa memastikan apakah salat Id bisa digelar di masjid atau tidak. Hal tersebut dikarenakan kasus Covid-19 bisa berubah setiap saat. Jika beberapa hari menjelang Lebaran kasus Covid-19 meningkat pesat, Pemkot Balikpapan akan mengikuti anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI). Yakni tidak melaksanakan salat Id di masjid dan lapangan. “Kalau kasusnya meningkat, kami mengikuti imbauan MUI, (salat Id) di rumah saja,” kata Rizal, Jumat (30/4/2021).

Pemkot juga masih mempertimbangkan opsi lainnya. Seperti salat Id di masjid dengan penerapan protokol kesehatan ketat, boleh salat Id tapi khusus untuk kaum pria dewasa, atau salat Id boleh untuk semua masyarakat di masjid dan musala namun tidak di lapangan.

Rizal menuturkan, keputusan pelaksana salat id ini akan diumumkan beberapa hari sebelum Lebaran. “Kita lihat perkembangannya saat menjelang terakhir Ramadan,” tuturnya.

Dia meminta agar masyarakat tidak reaktif terhadap apapun keputusan terkait pelaksanaan salat Id nanti. Semua ini dilakukan, terang dia, agar kasus Covid-19 di Balikpapan tidak seperti di India. Di mana diketahui, di negara tersebut saat ini sedang terjadi ledakan kasus Covid-19.

Rizal menyebut banyak kasus virus corona di India karena acara keagamaan.  “Kita tidak boleh lengah. Jangan sampai nanti seperti kasus di India,” sebutnya.

Meski salat Id masih dipertimbangkan, namun tidak dengan tempat wisata. Dia memastikan tak akan ada tempat wisata, salah satunya pantai, yang buka selama libur Lebaran nanti. “Tempat wisata akan ditutup selama Idulfitri,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan, Andi Sri Juliarty, memaparkan perkembangan kasus Covid-19 di Kota Beriman per 30 April 2021. Yakni ada 32 kasus positif baru dan pasien sembuh sebanyak 41 kasus. Sedangkan kasus meninggal tercatat nihil. “Secara kumulatif, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ada 16.110 kasus dan 575 kasus kematian,” sebutnya. (kk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pengedar Ini Dibekuk saat Tidur Pulas, Sabu 5,68 Gram Jadi Bukti

0
BONTANG – Warga Kelurahan Gunung Telihan berinisial NT (38) diringkus jajaran Unit Opsnal Satreskoba bersama Tim Rajawali, Rabu (12/5/2021) sekitar pukul 07.00 Wita. Dia...

Kodim 0908 Bontang Gelar Salat Id, Terapkan Prokes Ketat

0
BONTANG – Kodim 0908/BTG menggelar Salat Id 1442 Hijriah secara berjemaah, Kamis (13/5/2021). Kegiatan dilaksanakan di lapangan Makodim 0908/BTG, Jalan Awang Long, Kelurahan Bontang...

Sabar Ya… Mahkota II Masih Ditutup, Alat Pemeriksa Retakan Jembatan Baru Datang 6 Pekan...

0
SAMARINDA - Jembatan Mahkota II masih harus ditutup hingga waktu yang belum diketahui. Keretakan pylon infrastruktur yang menghubungkan Kecamatan Palaran dan Sambutan di Samarinda,...

Bawa Nama Bontang di Kompetisi Makeup Kreatif, ‘Garuda Wisnu Kencana’ Karya Rere Dini Masuk...

0
BONTANG - Satu lagi talenta muda Bontang berhasil mengharumkan nama Kota Taman di kancah nasional. Dia adalah Rere Dini. Peraih juara harapan III di...

Duel Camat Tenggarong Vs Penambang Berujung Tersangka, Pemerintah Dinilai Lakukan Pembiaran, Warga Diminta Bertindak

0
TENGGARONG - Arfan Boma baru saja menunaikan salat zuhur ketika telepon genggamnya berdering. Camat Tenggarong itu segera menjawab panggilan. Di ujung sambungan, Ketua RT...