spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kunjungan ke Pemkab Kutim, DPRD Kaltim Bahas Realisasi Bankeu

SANGATTA – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang, menyambut baik kunjungan kerja (kunker) tiga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim dari Daerah Pemilihan (Dapil) 6, yang meliputi Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Berau, dan Kota Bontang di Ruang Tempudau Kantor Bupati Kutim, pada Rabu (5/4/2023). Kunjungan kerja tersebut membahas pemantauan realisasi Bantuan Keuangan (Bankeu) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim di Kutim untuk tahun anggaran (TA) 2022.

Dalam laporannya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutim menyampaikan total Bankeu Kaltim tahun 2022 yang diterima sebesar Rp 39,05 miliar. Realisasi fisik telah mencapai 93,34 persen, sedangkan realisasi keuangan sebesar 89,71 persen.

Menanggapi laporan Bappeda, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang menyatakan akan terus menjalin komunikasi secara intensif dengan para anggota DPRD Dapil 6. Harapannya adalah nilai Bankeu bisa meningkat lagi.

“Kami (Pemkab Kutim) akan terus berkomunikasi dengan para wakil kami. Jika komunikasi yang efektif terus dilakukan, saya yakin semua persoalan bisa teratasi. Kami juga telah menyiapkan usulan prioritas yang akan diajukan dalam Bankeu perubahan mendatang. Untuk itu, saya memerintahkan Bappeda untuk segera menyiapkan dokumen administrasi yang lengkap guna proses usulan ke provinsi,” ujar Kasmidi.

BACA JUGA :  Usai Rehabilitasi Saluran Irigasi, Ratusan Hektar Sawah di Kaubun Teraliri AirĀ 

Ia menambahkan bahwa ada beberapa program yang direncanakan untuk diusulkan, antara lain penyelesaian koneksi jalur “ring road” yang masih belum tuntas, peningkatan fasilitas umum di Desa Sangatta Selatan, sektor pariwisata, dan penataan kawasan perkotaan.

Sementara itu, pimpinan rombongan anggota DPRD Kaltim Dapil 6 yang berkunjung ke Kutim, Agus Aras, mengapresiasi realisasi Bankeu yang telah mencapai 93 persen dan siap membantu Kutim dalam peningkatan nilai Bankeu tahun 2023.

“Sesuai saran dari Wakil Bupati Kasmidi Bulang, kami akan semaksimal mungkin mengakomodir usulan program dari Kutim, tetapi tetap mengikuti prosedur yang berlaku. Nilai Bankeu 2023 sebesar Rp 32 miliar lebih. Dan melalui proses komunikasi yang baik, kita akan berusaha untuk ada penambahan pada anggaran perubahan selanjutnya,” jelas Agus Aras.

Untuk diketahui, dari 12 anggota DPRD Kaltim Dapil 6 yang hadir ke Kutim hanya 3 orang yakni Agus Aras, Siti Rizky Amalia dan Ismail. (Rkt1)

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img