spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KukarLand Festival 2023: Upaya Pemkab Dorong Sektor Ekonomi Kreatif

TENGGARONG – Sektor Ekonomi Kreatif (Ekraf) terus menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) dan telah dimasukkan ke dalam 23 program prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026. Salah satunya adalah program Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F).

Sebagai bagian dari inisiatif ini, KukarLand Festival 2023 akan digelar pada tanggal 22-23 September 2023 mendatang. Acara ini akan menampilkan 7 penyanyi dan grup band selama 2 hari yang akan menghibur warga Kukar. Acara tersebut akan berpusat di Komplek Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, Kukar, dan menjadi bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-241 Tenggarong serta rangkaian acara Road To Erau 2023.

Beberapa artis yang akan tampil secara khusus untuk menghibur warga Kukar termasuk Potret Band, Setia Band, Tipe-X, Soegi Bornean, Maliq & D’essentials, Guyon Waton, Club Dangdut Racun, dan grup musik dangdut legendaris Soneta Grup. Acara ini juga akan menyediakan 100 tenant untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

BACA JUGA :  Sepekan, 2 Kasus Judi Online Diungkap Polres Kukar

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, optimis bahwa KukarLand Festival 2023 akan menarik lebih dari 100 ribu penonton, yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM yang berjualan di area Komplek Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang.

“Saya yakin sektor ekonomi kreatif Kukar akan berkembang, hotel-hotel akan penuh, dan warung makan akan habis semua dagangannya. Ini akan memberikan efek positif pada semua sektor yang ada di sekitar acara ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Slamet Hadirahardjo, menjelaskan alasan pemindahan lokasi pelaksanaan KukarLand Festival 2023 dari Halaman Kantor Bupati Kukar ke Komplek Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang. Keputusan ini diambil berdasarkan perkiraan tingginya minat masyarakat dalam acara ini. Pihaknya juga mempertimbangkan kapasitas dan faktor keamanan di lokasi sebelumnya.

“Kami telah mengadakan rapat dan memutuskan untuk memindahkan lokasinya ke tempat yang lebih memadai bagi jumlah penonton yang besar,” jelasnya.

Slamet juga menyatakan bahwa Pemkab telah memulai persiapan KukarLand Festival beberapa bulan sebelumnya, termasuk persiapan lokasi dan panggung yang akan dimulai pada Senin mendatang.

BACA JUGA :  Kakek Suhendri, Pemilik Hutan Kota Tenggarong Tutup Usia

Acara ini akan menyediakan segala fasilitas yang diperlukan untuk konser, termasuk stan UMKM, area parkir, dan fasilitas toilet. “Pemasangan panggung akan dimulai pada tanggal 17 September mendatang,” lanjutnya.

Pihak penyelenggara juga akan memastikan pengamanan acara dengan cermat. KukarLand Festival 2023 akan memiliki dua panggung berbeda: panggung Kumala Stage di dalam stadion dan panggung Tanah Merah Stage di luar stadion.

Selain itu, dalam upaya mencapai rekor dunia, akan disiapkan ribuan pesapu (Ikat Kepala Suku Kutai) yang akan diberikan secara gratis kepada penonton untuk memecahkan rekor MURI dalam penggunaan pesapu terbanyak.

“Kami berharap KukarLand ini dapat berjalan lancar dan sukses. Kami juga mengajak masyarakat untuk mendukung acara ini dan menjaga ketertiban selama berlangsungnya acara,” ujar Slamet.

Penulis: Muhammad Rafi’i
Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img