spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kukar Kebagian 10.620 STB Gratis dari Kemenkominfo

TENGGARONG – Kutai Kartanegara (Kukar) kebagian 10.620 unit Set Top Box (STB), dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Pembagian STB sebagai salah satu langkah migrasi TV analog menuju TV digital kepada keluarga kurang mampu di Kukar.

Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar, Ery Hariono, menjelaskan, pihaknya hanya melakukan pendampingan lantaran pembagian STB gratis iniĀ  merupakan wewenang Kemenkominfo.

“Dulu sempat dikoordinasikan untuk pendataan warga kategori miskin dan berhak dapat STB gratis. Untuk penyerahan dan penyiaran bukan kewenangan kabupaten/kota,” ujar Ery, Jumat (18/11/2022).

Puluhan ribu penerima tersebut bakal menerima STB melalui kantor pos, yang ditunjuk sebagai penyalur. Sekaligus melakukan verifikasi data melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sesuai atau tidaknya dengan data yang diberikan oleh Kemenkominfo, sekaligus melakukan validasi. Melalui kondisi rumah penerima, apakah memang benar-benar berhak menerima.

“Yang memvalidasi petugas kantor pos, Diskominfo (Kukar) diundang untuk mendampingi,” tutup Ery.

Diketahui, pemerintah pusat resmi melakukan migrasi dari TV analog menjadi TV digital, sejak 2 November 2022. Sehingga masyarakat yang masih menggunakan siaran TV analog tidak bisa lagi menikmati siaran televisi. Penyaluran STB gratis ini akan mulai didistribusikan secara bertahap, mulai tahun 2022, hingga penyaluran kepada masyarakat yang dianggap berhak rampung sesegera mungkin. (afi)

BACA JUGA :  Jangan Dulu ke Tenggarong, Antisipasi Penyebaran Covid-19, Sampai 17 Mei Berlaku Penyekatan Berlapis
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img