spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Samarinda Gelar Simulasi Pemilu 2024

​​​​​​​SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda, menggelar simulasi pemilihan umum (Pemilu) 2024 bersama petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk memaksimalkan persiapan jelang pesta demokrasi di Indonesia yang akan berlangsung di Februari 2024 mendatang.

Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat menyebutkan penyelenggaraan simulasi Pemilihan Umum (Pemilu) yang dipusatkan di Halaman Museum Samarinda, Selasa(26/12/2023), disesuaikan seperti kondisi di lapangan.

“Tahapan-tahapan akan dilaksakan pada simulasi ini, sesuai standar peraturan yang ada. Dari tahapan warga membawa identitas hingga tahapan penghitungan,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan tidak ada perubahan secara signifikan dari Pemilu sebelumnya 2019. Namun terdapat beberapa penyebutan kertas suara yang diganti.

“Cuma ada perubahan nama dari C Plano menjadi C Hasil dan S Salinan, pemakaian Sirekap ditambah dengan Sirekap Mobile nantinya,” kata dia.

Simulasi yang dilakukan, kata dia, juga sebagai langkah antisipasi bagi para petugas penyelenggara Pemilu mulai tata cara pencoblosan, pengambilan surat suara hingga perhitungan suara sebagai langkah mencegah kecurangan.

“Karena nanti di hari pemilihan, kita juga butuh supporting pemerintah seperti pemkot kota, Kecamatan dan Kelurahan untuk berkolaborasi kelancaran Pemilu nanti,” tutupnya.

Diketahui Pemilu akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024, rencananya pesta demokrasi ini akan dilaksanakan serentak seluruh indonesia.

Pewarta : Hanafi
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img