spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Paser Tetapkan Jumlah DPS

PASER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) melalui Rapat Pleno yang digelar oleh KPU Kabupaten Paser pada Jumat (7/4/2023). Adapun jumlahnya mencapai 211.888 DPS.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Paser, Dyah Elly Kusrini menjelaskan bahwa pleno penetapan DPS melibatkan masyarakat serta peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Jumlah DPS yang telah ditetapkan terdiri dari 110.084 pemilih laki-laki dan 101.804 pemilih perempuan,” kata Elly.

Sebelumnya, pada 5 April 2023, KPU Kabupaten Paser juga menggelar Rapat Pleno dan menetapkan 839 Tempat Penghitungan Suara (TPS). “Dari keseluruhan TPS itu, tersebar di 144 desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Paser,” sambungnya.

Adapun tujuan penetapan DPS, kata Elly melibatkan masyarakat serta peserta Pemilu 2024. Ini bertujuan untuk mengetahui respon serta sebagai masukan bagi KPU Kabupaten Paser sebelum menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Kami memaksimalkan pemilih yang belum terdaftar dalam data, misalnya, kami sarankan untuk memeriksa dan mendaftar lagi ke KPU agar dapat dimasukkan ke DPT,” terangnya.

BACA JUGA :  Fahmi Upayakan Rehabilitasi Pascabencana di Paser ke Pemerintah Pusat

Dalam penetapan DPS, juga terdapat pemilih yang berada dalam TPS khusus, di antaranya pemilih yang berada di perusahaan-perusahaan. Hasilnya, dalam DPS diperoleh jumlah pemilih terbanyak di antara 10 kecamatan di Kabupaten Paser yakni berada di Kecamatan Tanah Grogot dengan jumlah 58.326 pemilih.

“Pemilih terbanyak kedua berada di Kecamatan Long Ikis dengan jumlah 31.521 pemilih, setelah itu pemilih terbanyak ketiga berada di Kuaro 22.206, keempat di Paser Belengkong 21.952, dan pemilih terbanyak kelima berada di Kecamatan Long Kali 20.675,” tutup Elly. (bs)

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img