spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Kukar Kebut Proses Sortir dan Pelipatan Surat Suara, Ditarget Rampung Pekan Depan

TENGGARONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara (Kukar), terus mengebut proses sortir dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 mendatang. Yakni, surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) hingga Pemilihan Legislatif (Pileg) tingkat kabupaten, provinsi dan pusat.

Ketua KPU Kukar, Purnomo, mengatakan untuk surat suara Pilpres sudah rampung disortir dan dilipat. Untuk selanjutnya sedang mengebut proses sortir dan pelipatan surat suara DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) dan DPR RI yang ditargetkan selesai pada tanggal 4 Januari 2024.

“Baru kita slot untuk DPRD kabupaten/kota,” ungkap Purnomo, Kamis (4/1/2024).

Sementara surat suara untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Purnomo mengaku belum mendapatkan kiriman dari percetakan yang sudah ditunjuk oleh KPU RI. Sehingga KPU Kukar saat ini sudah menerima 4 jenis surat suara, masing-masing untuk Pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

“Seiring dengan kami sortir lipat untuk surat suara, kami juga melakukan perakitan kotak suara,” lanjut Purnomo.

Untuk proses pelipatan surat suara dan kotak suara, KPU Kukar menggunakan 120 orang tenaga lipat yang direkrutmen dari masyarakat.

Dalam proses pelipatannya, diawasi penuh oleh Kesekretariatan KPU Kukar. Ditarget tanggal 8-10 Januari 2024 ini, proses pelipatan surat suara dan kotak suara rampung dikerjakan.

“Karena ada surat suara yang belum datang (DPD). Sortirnya mulai jam 08.00-17.00 Wita,” tutup Purnomo.

Diketahui, jumlah masing surat suara yang diterima oleh KPU Kukar berbasis jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2 persennya. Di mana jumlah DPT Kukar mencapai 543.063. Sementara untuk jumlah kotak suara mencapai 11.345 kotak suara. Masing-masing TPS akan menggunakan 5 kotak suara.

Penulis : Muhammad Rafi’i

Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img