spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Kubar Buka Pendaftaran Petugas KPPS untuk 532 TPS

KUTAI BARAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat telah melaksanakan   pembentukan bagi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Hal ini sebagaimana diatur dalam keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) Nomor 1669 Tahun 2023 tentang jadwal pengumuman pendaftaran berkas.

Pengumuman tersebut dari tanggal 11-15 Desember 2023 sekaligus juga saat itu sudah bisa menerima berkas pendaftaran yang mana dari tanggal 11-20 Desember 2023.

“Masa kerja petugas KPPS dari tanggal 25 Januari – 25 Februari 2024. Kurang lebih satu bulan atau selama 30 hari,” ujar  Ketua  KPU  Kutai Barat, Arkadius Hanye kepada Media Kaltim saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/12/23).

Arkadius menjelaskan, mengenai  persyaratanya secara umum bisa dikatakan   hampir sama dengan pembentukan PPK dan KPPS. Akan tetapi untuk usia minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun saat mendaftar.

Gedung kantor KPU Kubar.

“Yang paling penting dari syarat – syarat itu adalah (petugas KPPS) harus diikuti warga setempat yang tinggal di sekitar TPS. Harus meiliki e-KTP yang artinya sesuai dengan alamatnya. Selain itu calon pendaftar itu harus terbebas dari partai politik minimal sekurang – kurang 5 tahun saat mendaftar,” tegasnya.

BACA JUGA :  Polres Kubar Bongkar Kasus Transaksi Narkoba di Lapangan Tembak Barong Tongkok

Kemudian, lanjut dia, saat mendaftar harus disertai dengan surat kesehatan  yang dikeluarkan oleh lembaga kesehatan pemerintah, baik Puskesmas atau Rumah Sakit yang  ditanda tangani dokter.

Adapun untuk honor petugas KPPS Pemilu 2024  yang telah ditetapkan ada kenaikan dari Pemilu sebelumnya. Ketua KPPS akan menerima honor sebesar Rp 1,1 juta dan untuk anggota KPPS sendiri menerima Rp 1 juta perorang.

“Arkadius menerangkan lagi, Nanti pada saat Pemilu 2024 , per TPS akan di isi 7 orang  petugas KPPS. Untuk  total  secara keseluruhan  ada  532 TPS. Makankalau dikalikan itu ada  3.724 petugas KPPS se-Kutai Barat,” sebutnya.

Pewarta : Ichal
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img