spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kontingen Pramuka LT-IV PPU Diberangkatkan, Ini Pesan Sekda PPU

PPU – Kontingen lomba Pramuka Penggalang Empat (LT-IV) Kaltim 2023 asal Penajam Paser Utara (PPU) secara resmi diberangkatkan. Pelepasan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten PPU melalui seremonial penyerahan bendera Pramuka.

Pelepasan tersebut dilakukan di teras Kantor Bupati PPU, pada Rabu (10/5/2023) oleh Sekretaris Kabupaten PPU, Tohar. Dalam kesempatan itu, ia berpesan agar nama baik daerah dijaga dan kekompakan seluruh peserta dijaga.

“Jaga kesehatan, jaga kekompakan dan jaga kesantunan. Perluas pertemanan sehingga akan menambah kenyamanan saudara dalam lomba ini,” ujarnya.

Selain itu, ia mengingatkan untuk menampilkan yang terbaik. Dengan memanfaatkan momentum ini untuk mengasah kecakapan dan keterampilan sehingga pada tingkatan penggalang ini mampu memperoleh prestasi.

“Tentu saja pergaulan akan lebih luas, karena pramuka sesungguhnya tidak dibatasi oleh wilayah administrasi saja,” tambah Tohar.

Sementara itu, Pembina Pramuka PPU, Abdul Rauf yang ikut mendampingi kontingen ini mengatakan peserta asal PPU sebanyak 16 orang. Terdiri dari 8 putra dari SMPN 3 Waru dan 8 putri dari SMP Darmahusada Donghoa, Penajam.

BACA JUGA :  Jadi Penunjang IKN, Pendidikan di PPU Butuh Dukungan Peningkatan SDM

“Kedua sekolah ini mewakili PPU dalam kegiatan Pramuka Penggalang IV Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2023 di Kota Balikpapan,” katanya.

Adapun kegiatan lomba akan dilaksanakan mulai tanggal 11 hingga 15 Mei 2023 di Bumi Perkemahan Waduk Manggar Balikpapan. Pada lomba tingkat IV ini, terdapat beberapa kategori lomba, seperti bidang ibadah, keterampilan kepramukaan, bidang olahraga, dan bidang teknologi.

Ada juga satu cabang yang menarik, yaitu robotika. Peserta dituntut untuk mendesain sebuah robotik dengan menggunakan aplikasi yang sudah ditentukan oleh panitia.

Kemudian juga ada lomba membuat suatu bangunan darurat, panjat dinding, memanah, lomba tradisional menyumpit, dan lain-lain. “Alhamdulillah, setelah melakukan persiapan selama tiga bulan terakhir, segala materi yang akan diperlombakan sudah maksimal. Semua tinggal menunggu adik-adik mengikuti perlombaan di tingkat IV ini. Mudah-mudahan prestasi yang membanggakan dapat diwujudkan dalam ajang ini,” pungkasnya. (SBK)

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img