spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Komitmen Kembangkan Perkebunan Karet, Disbun Kaltim Bakal Kerjasama dengan Perusahaan Besar

SAMARINDA – Perkebunan karet merupakan salah satu sumber mata pencaharian bagi sebagian masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Hal tersebut terlihat dari data beberapa tahun terakhir, di mana produksi karet terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Pada tahun 2023, hasil produksi karet di Bumi Etam mencapai 73.580 Ton.

Potensi besar ini mendorong Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim untuk terus berupaya mengembangkan komoditas ini.

Kepala Disbun Kaltim, Ahmad Muzakkir, menyatakan bahwa pihaknya berkeinginan mengembangkan komoditas karet karena dianggap memiliki potensi menjadi salah satu komoditas yang dapat diandalkan di Kaltim di masa mendatang.

Dirinya menjelaskan bahwa saat ini Disbun Kaltim sedang membahas pola kerja sama untuk meningkatkan potensi karet di Bumi Etam bersama salah satu perusahaan industri karet terbesar, yaitu PT Multi Kusuma Cemerlang (MKC).

Dirinya berharap bahwa pada tahun 2024, Disbun Kaltim dapat mencapai kesepakatan kerja sama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan tersebut.

“Belakangan ini, kami telah mengadakan serangkaian diskusi intensif dengan PT. MKC untuk memfasilitasi pemasaran perkebunan karet Kaltim,” ungkap Ahmad Muzakkir saat dihubungi pada Kamis (7/12).

“Ini sudah menjadi topik perbincangan beberapa kali, dan kami berharap bahwa pada tahun depan, paling lambat, kami dapat menandatangani MoU dengan PT. MKC,” tambah Bang Zack, sapaan akrabnya.

Bang Zack juga mengungkapkan bahwa kerja sama ini dipilih karena produk yang dihasilkan oleh PT. MKC sering digunakan dalam acara-acara internasional.

Upaya ini, lanjut Bang Zack, terus dilakukan oleh Disbun Kaltim sebagai salah satu wujud ikhtiar Pemerintah Provinsi Kaltim dalam mengembangkan komoditas perkebunan di wilayahnya.

Tentu saja, katanya, salah satu tujuannya adalah untuk membantu para pekebun karet di Bumi Etam meningkatkan produktivitas mereka, yang akan berdampak positif pada kesejahteraan mereka. Dia juga menegaskan bahwa pihaknya memiliki tugas dan komitmen yang kuat untuk terus mengembangkan dan memasarkan karet secara lebih luas. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img