spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kloter Pertama Embarkasi Balikpapan, Pesawat Garuda Angkut 319 Jamaah Haji ke Mekah

BALIKPAPAN – Sebanyak 319 jamaah calon haji dan 5 petugas haji tahun 2024 kloter pertama dari Embarkasi Haji Balikpapan, berangkat ke Tanah Suci Mekah pada Selasa (14/5/2024) sekitar pukul 21.30 WITA.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Achmad Syaugi Shabab, mengatakan keberangkatan kloter pertama ini menggunakan pesawat Garuda Indonesia A 330 tipe 300 melalui Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

“Mereka terbang menggunakan maskapai Garuda Indonesia jenis Airbus A 330 seri 300 yang memiliki kapasitas sebanyak 324 kursi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Achmad Syaugi menjelaskan, setelah pesawat lepas landas dari Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan akan menuju ke Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

“Mereka transit dulu ke sana sebelum ke Jeddah. Estimasi waktu 3 jam ke Deli Serdang kemudian 8 jam ke Madinah,” jelasnya.

Pada musim haji tahun 2024 ini pihaknya sudah sangat siap, bahkan terdapat SK pembentukan panitia haji.

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak maskapai Garuda Indonesia dan bus DAMRI untuk mempermudah para calhaj,” tambahnya.

BACA JUGA :  KPK Tetap Awasi Kasus Korupsi di Daerah, Termasuk IKN

Pada kloter pertama, sebanyak 9 unit bus silih berganti menurunkan penumpang di bandara yang terletak di Balikpapan Selatan tersebut.

“Kami juga menyiapkan yang lainnya seperti kursi roda dan yang paling vital itu adalah runway, itu kami perbaiki lagi biar semakin kuat,” ujarnya lagi.

Pada kesempatan tersebut, Syaugi menyebut jika jumlah kloter untuk haji 2024 mengalami penurunan. Pada tahun 2023 lalu mencapai hingga 20 kloter dan jumlah penumpang sebanyak 4.250 orang.

“Untuk tahun ini kloter ada 19 dengan jumlah 5.160 orang,” tutupnya.

Penulis: Aprianto
Editor: Agus S

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img